Pameran Foto dan Arsip : Muhammadiyah dalam Lorong Waktu

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 17 November 2016 10:53 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL- Muhammadiyah dalam lorong waktu merupakan sebuah kegiatan Pameran Foto dan Arsip Muhammadiyah terbesar abad ini. Diselenggarakan oleh Panitia Milad Muhammadiyah ke 104 pada tanggal 17-18 November 2016 yang bertempat di Lantai Dasar Masjid KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan dibuka secara langsung oleh Ahmad Dahlan Rais, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Disampaikan M. Nurul Yamin, Ketua Panitia Milad Muhammadiyah ke 104, Event Pameran Foto dan Arsip Muhammadiyah memiliki tujuan untuk menghimpun dan mengeksplorasi sumber-sumber sejarah yang akan bermanfaat untuk program-program kajian dan penelitian tentang Muhammadiyah.

“Pameran ini dikemas dalam konsep lorong waktu untuk merekam kembali jejak dan perjuangan Muhammadiyah sejak pertama kali didirikan pada 1912 hingga kini,” pungkas Yamin, Kamis (17/11) dalam acara Pembukaan Pameran Foto dan Arsip Muhammadiyah

Lebih lanjut Yamin menjelaskan, Pameran Foto dan Arsip Muhammadiyah 2016 ini menghadirkan 400 foto tokoh dan kegiatan Muhammadiyah dari masa ke masa, puluhan surat-surat resmi dan buku-buku kuno, beberapa surat kabar, sejumlah catatan biografi, dan artefak yang terbagi atas beberapa stand, diantaranya SM Corner (Suara Muhammadiyah Corner), Ahmad Dahlan Corner, Muhammadiyah Daerah, stan buku dan media massa, stan organisasi, stan muktamar, stan Hoofdbestuur Muhammadiyah, Muhammadiyah Jogja, stan Mualimin dan Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta, serta stan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM).

Selanjutnya, dalam acara Pameran Foto dan Arsip Muhammadiyah tersebut juga akan diselenggarakan diskusi pada Jumat 18 November 2016 pukul 09.00 bertempat di Lantai Dasar Masjid KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengangkat tema “Muhammadiyah dalam Lorong Waktu”.

“Tujuan dari diskusi tersebut yaitu untuk mengenalkan materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan pendekatan baru. Yaitu, mengenalkan dokumen dan arsip untuk mengetahui bagaimana proses sejarah berdiri dan perkembangan Muhammadiyah dari masa ke masa,” jelas Deni Asyari, Koordinator acara pameran.

 Pembicara dalam diskusi tersebut yaitu Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, S.U., Muhammad Yuanda Zara, Ph.D, dan Dr. Muchlas, M.T. (adam)

Reporter : Syifa

 

Shared:
Shared:
1