SMK Muhammdiyah Lebaksiu Cetak Generasi yang Sadar Literasi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 16 November 2016 08:07 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TEGAL—Literasi merupakan hal penting yang harus dilakukan, mengingat pada saat ini sebagian besar proses pendidikan bertumpu pada kemampuan dan kesadaran literasi. Sehingga, penerapan literasi sangat penting dilakukan, termasuk di sekolah.

Menyadari akan pentingnya kegiatan literasi, SMK Muhammadiyah Lebaksiu meluncurkan Komunitas Literasi sebagai bagian dari kegiatan jurnalistik yang diikuti oleh siswa dan siswi yang ada di regional Tegal. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 12-13 November 2016 dan bertempat di Taman Teknologi SMK Muhammadiyah Lebaksiu, Tegal.

“Komunitas literasi dibentuk sebagai wadah untuk siswa yang berminat dalam bidang baca dan tulis,” kata Hendra Apriyadi, Ketua Komunitas Literasi.

Pemateri dalam kegiatan ini diantaranya Wartawan Tabloid Cermin PWM Jateng, Wartawan Suara Merdeka, Ketua FLP Tegal, Redaktur Radar Tegal, Kontributor Suara Muhammadiyah dan Reporter TVMU Jakarta.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan bahwa kegiatan ini berangkat dari sebuah kesadaran akan pentingnya penguasaan dalam membaca dan menulis. Menurut data UNESCO pada Mei 2016, menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen dan menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Oleh karena itu, kegiatan literasi ini menjadi bagian dari salah satu upaya agar pelajar Indonesia semakin meningkatkan minat baca dan tulis.

“Kami berusaha mencetak generasi yang sadar literasi, apalagi saat ini media digital juga sudah menggeliat, maka hasil dari pelatihan menulis pun bisa disalurkan lewat media,” jelas Hendra.

Komunitas Literasi yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan baca dan tulis ini juga merupakan bagian dari upaya pengkaderan terhadap kader muda Muhammadiyah dalam bidang jurnalistik.

“Harapan dari kegiatan ini adalah Muhammadiyah berhasil mencetak generasi yang sadar literasi dan mampu menebar kebaikan pada masyarakat sekitar,” tutup Hendra. (nisa)

 

Kontributor: Hendra Apriyadi

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1