Pahlawan Hijau SD Muhammadiyah 24 Ketintang Lakukan Aksi "Sempoah"

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 11 November 2016 09:00 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURABAYA- Menyambut Hari Pahlawan dan Hari Pohon yang jatuh pada 10 November, Siswa-Siswi SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya melakukan Aksi SEMPOAH (Semai Pohon dan Bersih Sampah) di Perkampungan Warga di sekitar sekolah, Rabu (9/11). Aksi SEMPOAH diawali dengan pawai di sepanjang jalan Ketintang kemudian memungut sampah dan membagikan tanaman kepada warga di sekitar sekolah.

Dijelaskan Diyan Sawiti, Ketua Pelaksana Kegiatan, latar belakang aksi ini adalah untuk mencegah terjadinya penggundulan lahan secara meluas, sehingga dapat mengalami krisis dan lahan beralih fungsi, membuat lingkungan menjadi gersang dan tak lagi segar.

“Melihat kondisi kritis lingkungan yang mengancam kelangsungan kehidupan sekarang dan yang akan datang. Dibutuhkan pahlawan-pahlawan baru yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan zaman,” jelas Diyan.

Lanjut Diyan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan jiwa kepahlawanan pada anak-anak. Pahlawan yang tangguh, peduli dan bertanggung jawab, Pahlawan yang perjuangannya bukan lagi berperang dengan senjata, tapi menjaga dan merawat lingkungan dengan baik.

“Pada aksi ini, anak-anak memakai dandanan dari daun kering dan rerumputan, selain unik, tentu ini bagian dari komitmen untuk menjaga tanaman, tidak merusaknya. Karena bahan yang digunakan merupakan tanaman yang tidak digunakan dan berpotensi mengotori lingkungan,” pungkas Diyan. (adam)

 

Kontibutor: Nuzula

Shared:
Shared:
1