Muhammadiyah Gorontalo Bagikan School Kit Kepada Anak-Anak Korban Banjir

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 08 November 2016 07:48 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, GORONTALO– Hujan deras yang berlangsung pada Selasa, 25 Oktober 2016, sejak siang hingga malam menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri tiga desa di kawasan Kabupaten Gorontalo. Diantara tiga desa tersebut ialah Desa Totopo, Desa Juriah dan Bilato. Sejak kejadian banjir tersebut, Muhammadiyah Gorontalo bersama para relawan melakukan bebagai upaya untuk membantu warga terdampak banjir.

Mulai dari membantu proses evakuasi, menyalurkan logistik ke tiga desa, membagikan school kit kepada 128 siswa, membagikan seragam sekolah sebanyak 88 pasang, membagikan iqra dan mengajar mengaji anak serta melakukan pendampingan psikososial.

Namun sejak sepekan yang lalu, banjir tersebut telah surut. Warga pun kini telah kembali ke rumah masing-masing. Dibantu para relawan Muhammadiyah Gorontalo, warga saling berjibaku membersihkan rumah mereka.

Sementara itu,  sepekan lalu Pimpinan PusatMuhammadiyah memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir berupa uang sebesar 25 juta rupiah. Bantuan langsung diberikan oleh Bendahara PP Muhammadiyah, Marpuji Ali. Pada kesempatan itu ia berpesan kepada perwakilan pengurus posko agar mereka (korban banjir, red) sabar dalam menghadapi bencana.

“Kita harus ramah dengan alam sehingga alam ramah dengan kita,”ujarnya. Lebih lanjut Marpuji menyampaikan agar menjadikan bencana ini sebagai hikmah. “Mereka harus bersahabat dengan bencana, selalu dekat dengan Allah dan tingkatkan ketaqwaan,”  tutup Marpuji yang datang sehari setelah meresmikan gedung sekolah SMK Kesehatan Muhammadiyah Gorontalo.

Hingga saat ini kegiatan pendampingan psikososial terus dilakukan sampai masa pemulihan dinyatakan selesai. Selain itu juga akan dilaksanakan Workshop Penanggulangan Bencana di kantor BPBD Kabupaten Gorontalo Selasa (8/11). Workshop yang melibatkan mahasiswa dan KOKAM serta relawan lainnya tersebut akan diisi oleh LPB PP Muhammadiyah dan BPBD Kabupaten Gorontalo. (adam)

Reporter: Raipan

 

Shared:
Shared:
1