SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Ajarkan Siswa Olah Sampah dengan Kreatif

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 07 November 2016 09:19 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID,  SURAKARTA – Kreativitas merupakan suatu hal yang harus diasah. Upaya untuk melatih kreativitas dapat dilakukan dalam penerapan kegiatan sehari-hari. Kreativitas perlu dikembangkan agar selalu linier dengan keadaan masyarakat yang dinamis.

Seperti yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta. Dalam rangka menumbuhkan jiwa inovasi dan kreatif dalam diri siswa, sekolah tersebut mengadakan kegiatan pembuatan es krim yang berbahan dasar kulit pisang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian yang diadakan oleh ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). 

Menurut Nurul Fitria, pembina KIR SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, KIR merupakan salah satu ekstrakulikuler favorit. Kegiatan KIR selalu disukai oleh para siswa.

“Pemilihan kulit pisang dalam kegiatan ini karena kulit pisang disukai oleh anak-anak dan mudah didapatkan, sehingga tidak memberatkan siswa,” tutur Nurul.

Kembali ditambahkan oleh Nurul bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melatih siswa berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah.

“Pemanfaatan kulit pisang ini merupakan sebuah cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah organik,” ujar Nurul.

Sementara itu, Kartika Utami Putri, salah satu siswi yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan dalam ekstrakulikuler KIR selalu mengajak siswa untuk berpikir kreatif dan terampil.

“Kegiatan ini mengajarkan kami bahwa limbah masih bisa dimanfaatkan dengan cara yang kreatif, sehingga memicu kami untuk melakukan upaya kreatif lainnya,” tutup Kartika.

 

Reporter : Nisa Pujiana

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1