Perkuat Dakwah di Timur Indonesia, Muhammadiyah Siapkan Tanwir di Maluku

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 06 November 2016 22:43 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALUKU- Tanwir merupakan permusyaratan tertinggi kedua setelah Muktamar, diselenggarakan oleh dan atas tanggung jawab Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Diagendakan Februari 2017 mendatang, Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode Muktamar 47 Makassar akan menggelar tanwir pertama.
PP Muhammadiyah menetapkan Ambon, Maluku sebagai tuan rumah tanwir Muhammadiyah 2017.

Dihubungi Melalui pesan singkat Marpuji Ali, Bendahara PP Muhammadiyah, kepada website Muhammadiyah.or.id mengatakan pertimbangan pemilihan lokasi di Ambon didasari atas dorongan bagi persyarikatan Muhammadiyah dalam mengembangkan gerak dakwah Muhammadiyah di bagian timur Indonesia.

“Dipandang perlu Persyarikatan mulai memberikan perhatian dan dorongan terhadap gerakan dakwah Muhammadiyah di Indonesia bagian timur, agar secara bertahap berkembang seperti di bagian barat,” kata Marpuji, Ahad (6/11).

Kemarin malam Sabtu (5/11) digelar Rapat Koordinasi Awal PP Muhammadiyah dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Panitia Tanwir Muhammadiyah.

Marpuji menambahkan tujuan dari koordinasi tersebut yaitu untuk mendorong panitia agar dapat mempersiapkan segala sesuatu keperluan tanwir dengan baik.

“Untuk memberikan kepuasan bagi Munawwirun yang datang, dibutuhkan kerja tertib dan baik panitia Tanwir, baik dari segi perencanaan acara, maupun dari keseluruhan teknis,” tambah Marpuji.

Marpuji juga mengharapkan panitia dapat melakukan kerjasama dan koordinasi yang matang, baik dari segi internal, maupun eksternal.

“Dari segi internal meliputi jajaran struktur persyarikatan, PWM, PDM, PCM, PRM, termasuk majelis, lembaga, Ortom dan AUM, sedangkan dari segi eksternal yaitu melakukan koordinasi dengan Gubernur, Walikota, TNI dan juga POLRI,” pungkasnya.

Kegiatan tanwir tersebut menurut rencana akan diselenggarakan di Islamic Center Kota Ambon, dan dalam tanwir tersebut akan diisi beberapa rangkaian acara, diantaranya yaitu pembukaan, sidang pleno, sidang komisi, pawai taaruf, dan juga bazar. “Kita doakan semoga kerja panitia dapat lancar dan sukses,” ucap Marpuji.

Dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Maluku tersebut turut dihadiri oleh Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang sekaligus Ketua PP Muhammadiyah, selain itu turut hadir pula jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku beserta ortomnya. (adam)

Redaktur :  Dzar

Shared:
Shared:
1