Lantik Rektor Unismuh Luwuk, Muhadjir Harap Ada Perubahan Besar dari Unismuh

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 06 November 2016 17:51 WIB

LUWUK, BANGGAI, MUHAMMADIYAH.OR.ID – Ketua  PP Muhammadiyah, Muhadjir Effendy pada Jumat malam (4/11), melantik Farid Haluti SAg MPd sebagai Rektor Unismuh Luwuk periode kedua (2016-2020) dan tiga wakil rektor yakni DR Muh Gifari Soso, ST.MM, Sutrisno K. Djawa, SE.MH dan Abdul Ukas Marzuki, SH.MH.

Dalam sambutannya, Muhadjir yang juga Mendikbud RI ini mengatakan Universitas Muhammadiyah (Unismuh)  Luwuk, Banggai, Sulawesi Tengah tumbuh dengan sangat Baik.

“Ini saya kira langkah bagus untuk ke depan, kerjasama dengan semua pihak perlu ditingkatkan, pemerintah daerah Kabupaten Banggai, kerjasama dengan Muhammadiyah, ‘Aisyiyah dan ortom  harus dibangun dengan baik dan saling memberi manfaat”, ujarnya.

Ia menambahkan hendaknya Unismuh Luwuk ini memberi manfaat bagi masyarakat. Satu sisi juga Bupati Banggai juga memberi manfaat kepada Muhammadiyah.

“Rektor harus memberikan perubahan besar untuk pembangunan kampus ini”, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah, Prof Lincolin Arsyad, mengatakan peserta Wisuda berjumlah 475 orang. Tahun ini jumlah dosen yang sedang sekolah S2/ S3 ada 15 orang. Jumlah mahasiswa baru selama dua tahun terakhir ini selalu di atas 1000 mahasiswa baru.

“Peningkatan yang cukup signifikan yang biasanya hanya 800 maba pertahun.  Ini menandakan kepercayaan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun”, kata Guru Besar FEB UGM ini.

Bupati Banggai Herwin Yatim, Kabupaten Banggai yang memiliki luas wilayah sekitar 9600 kilometer persegi, dengan 23 kecamatan, dan penduduk sebanyak 350 ribu jiwa.

Bupati Herwin menyampaikan bahwa 28 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai digunakan untuk fungsi pendidikan, diantaranya adalah membayar penghasilan sekitar delapan ribu orang guru. Namun demikian, rata-rata lama sekolah di kabupaten ini masih sebesar 7,71 tahun. 

Mendampingi kunjungan kerja Mendikbud ke Luwuk, Nampak hadir Sekretaris Jenderal Didik Suhardi, dan Direktur Pembinaan SD Wowon Wirdayat. Mendikbud  Muhadjir Effendy dijadwalkan melanjutkan kunjungan kerja dari Luwuk ke Ambon, Provinsi Maluku pada hari Sabtu (5/11/2016). (dzar)

 

Redaktur: Dzar Al Banna

 

BERITA NASIONAL

 

Shared:
Shared:
1