Siswa SMK Muhammadiyah Bobotsari Ciptakan Computer Network Table

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 02 November 2016 12:40 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURBALINGGA– (01/11) Siswa SMK Muhammadiyah Bobotsari Kabupaten Purbalingga menciptakan Computer Network Table version 0.1.  Hasil karya cipta siswa SMK tersebut mampu menjawab tantangan mengenai cara untuk memberikan pemahaman praktik untuk mata pelajaran produktif Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

CNT (Computer Network Table)version 0.1 merupakan sebuah alat peraga komputer portable yang berukuran 70x35x70 cm, yakan digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Dengan ukuran tersebut, menjadikan CNT sebagai alat peraga yang praktis karena bisa dilipat ke kiri dan ke kanan serta dibongkar-pasang, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, CNT version 0.1 didesain untuk menyimpan alat-alat dan bahan-bahan praktik sehigga dapat menghemat waktu dan menunjang praktikum yang lebih cepat dalam menyiapkan alat dan bahan untuk praktik. Adapun kelengkapan alat peraga pembelajarantersebut terdiri dari1 buah meja papan knock down, perangkat PC lengkap sebanyak 2 unit, Router Board Mikrotik 2 unit, hub/switch 2 unit, access point, radio, miniatur tower, terminal daya, dan lampu laser CNT version 0.1. 

“Alat peraga ini, insya Allah akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran. Dan CNT version 0.1 kami lengkapi dengan modul bahan ajar dan jobsheet praktik,” jelas Iswanto, Ketua Program Keahlian TKJ yang juga merupakan admin ICT SMK Muhammadiyah Bobotsari, Iswanto.

Lebih lanjut, Iswanto membeberkan, CNT adalah alat peraga pembelajaran praktik kompetensi keahlian TKJ secara praktis dan komplit. Dengan alat peraga tersebut,siswa langsung mendapat stimulan secara mudah mengenai materi praktik. Adanya jobsheet tersebut CNT version 0.1 dapat langsung digunakan oleh dua siswa.

Iswanto juga berujar,dengan adanya CNT version 0.1tersebut, siswa mendapat pengenalan komponen personal komputer, perakitan personal computer, dan instalasi sistem operasi Personal Computer atau jaringan basis Graphic User Interface (GUI) dan Comand Line Interface (CLI), serta aplikasinya.Selain itu juga siswa mendapat pengenalan komponen jaringan, installasi jaringan komputer dasar Local Area Network(LAN), instalasi sistem operasi jaringan basis GUI dan CLI, kemudian manajemen jaringan luas Wide Area Network (WAN) atau administrasi jaringan, internet, dan keamanan jaringan, serta troubleshooting PC dan Network. 

Iswanto berharap dengan adanya alat peraga tersebut dapat memenuhi standar praktik Sekolah Menengah Kejuruan, yang mana standar tersebut adalah 70% praktik serta 30% teori.

"Ini bisa membentuk pola pikir siswa yang konstruktif dan inovatif, sehingga kelak jika siswa sudah terjun ke dunia kerja, akan dapat bersaing dengan yang lain,”pungkas Toto Widiarto, Kepala SMK Muhammadiyah Bobotsari dalam menanggapi hasil karya para siswanya. (Rika)

 

Kontributor : Tegar Roli

Berita Daerah

 

Shared:
Shared:
1