UHAMKA Gelar Seminar Internasional Budaya Nusantara

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 17 Februari 2012 12:42 WIB

 

Jakarta- Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) menggelar seminar internasional tentang “Bahasa, Sastra, dan Budaya Nusantara” pada tanggal 16 Februari 2012 di Gedung Utama FKIP UHAMKA jalan Tanah Merdeka, Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Seminar ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji nilai-nilai bangsa yang terkandung di dalam bahasa, sastra, dan budaya di berbagai daerah. Ketua panitia Prof. Sabarti Akhadiah yang juga ketua program studi pendidikan bahasa Indonesia program pascasarjana UHAMKA menambahkan bahwa hasil seminar internasional ini dapat digunakan sebagai landasan pengembangan pendidikan karakter bangsa sekaligus menjalin hubungan kerjasama internasional dengan Negara lain, dalam hal ini diawali dengan Negara Jerman.

 

Pembicara utama dalam seminar ini antara lain Prof. Dr. Arndt Graf dari Goethe University, Frankfurt Jerman, Prof. Dr. Edi Sediyawati dari UI, Prof. Dr. Conny M. Semiawan dari UNJ, NH. Dini, Prof. Dr. Jenny Hardjatno dari Lemhanas, dan Prof. Dr. Suyatno dari UHAMKA. Seminar ini juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya dalam diskusi paralel yang terbagi atas kajian kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan. Di sela kegiatan seminar ditampilkan pementasan drama dan musikalisasi puisi oleh mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA.

 

Prof. Suyatno, Rektor UHAMKA, mengatakan seminar ini merupakan salah satu implementasi kerjasama internasional antara UHAMKA dengan Goethe Universität, dan seminar tentang bahasa, sastra, dan budaya nusantara ini penting diangkat untuk melihat apa yang sedang terjadi dengan bangsa Indonesia dan bagaimana nasib nilai-nilai luhur yang tersimpan dalam khasanah budaya, ratusan bahasa, dan karya-karya sastra berbagai daerah.  “Kita sangat sedih dan miris ketika nilai-nilai luhur kita semakin luntur atau hilang dari peradaban bangsa Indonesia yang kita cintai; oleh karena itu, melalui forum ini UHAMKA mendorong dan mengajak para pakar pendidikan, guru-guru, dosen, mahasiswa, pemerhati budaya dan pemerhati bahasa dan sastra untuk berperan secara aktif melalui gagasan-gagasan yang cemerlang untuk kemajuan dan kelestarian bahasa, sastra, dan budaya nusantara.”


UHAMKA saat ini juga melakukan kerjasama-kerjasama internasional lainnya seperti Woosong University, Huazhong Normal University, Hubei University of Chinese Medicine, Luzon State University, dan lain-lain dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan daya saing internasional.(www.uhamka.ac.id)

Shared:
Shared:
1