Nagoya University Lakukan Kunjungan kebudayaan di UM Malang

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 16 Februari 2012 10:17 WIB

 

Malang- Setelah sukses melakukan diplomasi budaya ke berbagai negara tetangga, jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima kunjungan kebudayaan dari Nagoya University, Jepang. Mereka membawa enam orang mahasiswanya dan memperkenalkan budaya musim panas atau yang dikenal sebagai Natsu Matsuri Bunkasai. 

Acara bertajuk Festival Musim Panas Jepang berlangung  di seputaran danau GKB I Kampus III UMM, Rabu (8/2). Enam mahasiswa Nagoya University asal Jepang itu tampil memukau memeragakan pakaian khas dan berbagai seni Jepang di hadapan ratusan mahasiswa UMM. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan jurusan Hubungan Internasional (HI) UMM yang berlangsung selama bulan Februari.

Festival dimeriahkan oleh pameran jajanan dan makanan khas Jepang, serta kolam kecil untuk main-main air. Tradisi main air itu, kata salah seorang mahasiswa Jepang Daisuke Kobayashi, dilakukan di Jepang saat musim panas.

“Sekarang di Jepang sedang musim dingin, tetapi festival ini cocok di sini karena cuaca sedang hangat,” tukasnya. Para mahasiswa Jepang juga menampilkan tarian yusakoi. Tarian ini memberi semangat agar walau musim panas tetap terjaga stamina kerja. Tak ketinggalan, berbagai makanan dan pakaian khas Jepang juga ditawarkan. Pengunjung nampak mencoba dan mencicipinya bahkan tak sedikit tertarik untuk membeli.

Ketua Jurusan HI, Toni Dian Effendi, mengungkapkan acara ini merupakan upaya memberi atmosfir diplomasi budaya pada mahasiswa HI UMM. Melalui program ini, diharapkan mahasiswa lebih bersemangat lagi dalam mencari peluang melakukan diplomasi budaya dengan negara-negara lain. Sebelumnya, tahun lalu, HI UMM yang melakukan diplomasi budaya di Malaysia, Thailand dan Singapura. Di ketiga Negara tersebut, mahasiswa menampilkan tari dan lagu-lagu khas Indonesia di depan mahasiswa, dosen bahkan diplomat negara tertangga itu.(www.umm.ac.id)

Shared:
Shared:
1