Haedar Nashir : Pesantren Muhammadiyah Unggul dalam Akhlak dan Intelektualitas

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 29 Oktober 2016 11:08 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAKASSAR – Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengedepankan keunggulan akhlak serta diimbangi dengan intelektual yang mumpuni. Maka, pesantren dapat melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan berkemajuan.

Menyadari akan pentingnya pesantren sebagai lembaga pendidikan, Haedar Nashir menyoal tentang pendidikan Islam yang berkemajuan pada pembukaan Rakornas Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP3M).

“Pesantren Muhammadiyah harus menjadi lembaga yang mampu melahirkan generasi yang unggul dalam akhlak dan intelektualitas,” ujar Haedar (28/10).

Rakornas yang dilaksanakan di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar mengangkat tema tentang “Menuju Pondok Pesantren Muhammadiyah yang Berkemajuan sebagai Pusat Kader Ulama”.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan hal-hal strategis terkait pengembangan pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam agar menjadi lebih baik lagi,” ujar Maskuri, ketua LP3M Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Kembali ditambahkan oleh Maskuri bahwa lahirnya LP3M merupakan amanah hasil Muktamar ke-47 Muhammadiyah yang diselenggarakan di Unismuh Makassar pada 3-8 Agustus 2015 silam.

Abdul Rahman Rahim, Rektor Unismuh Makassar mengatakan bahwa eksistensi pesantren memang sudah waktunya untuk diperbaharui. Mengingat perkembangan zaman yang tentunya membuat suatu hal harus kembali ditata agar menjadi linier dengan kondisi saat ini.

“Maka inilah saatnya pesantren Muhammadiyah harus ditata menjadi modern dan lebih profersional,” tutup Abdul. (nisa)

 

Kontributor:   Kasri Riswadi

Berita Nasional

Shared:
Shared:
1