Dibutuhkan 5 Kunci dalam Mewujudkan Pemuda Indonesia Berkarakter

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 28 Oktober 2016 10:32 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LAMONGAN– Pemuda saat ini adalah penentu Indonesia di masa mendatang. Maka, pendidikan karakter menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dibekalkan kepada pemuda masa kini.

Menyadari akan hal penting tersebut, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) desa Sendangagung, Paciran, Lamongan mengadakan Seminar Pendidikan yang bertajuk “Building Creative Character Through Education”, Kamis (27/10).

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat pemuda desa, agar bisa berkontribusi untuk bangsa,” ucap Piet Hizbulla Khaidir, alumni Ketua Umum DPP IMM 2001-2003.

Kegiatan yang diselenggarakan di gedung MIM 13 Sendangagung dan diikuti oleh 100 peserta ini merupakan suatu awal bagi pemuda desa Sendangagung untuk semakin mematangkan karakter yang dimiliki.

Kembali ditambahkan oleh Piet, bahwa untuk menjadi pemuda yang berkarakter, dibutuhkan lima kunci.

“Lima kunci yang dibutuhkan oleh pemuda adalah mental yang kuat, visi ke depan, merawat hobi, kebiasaan baik dan bertawakal kepada Allah,” jelas Piet.

Mental yang kuat berarti seorang pemuda harus menjadi sosok yang tidak gampang terpengaruh hal-hal buruk, visi ke depan berarti pemuda harus memiliki cita-cita yang tinggi. Sedangkan  merawat hobi berarti pemuda harus mengembangkan hobi positif untuk mencapai karakter yang matang.

“Kebiasaan baik berarti pemuda harus membiasakan dirinya untuk berbuat sesuatu yang baik. Lalu, bertawakal kepada Allah berarti pemuda harus berserah diri kepada Allah, berdo’a, setelah usaha dilakukan secara maksimal,” pungkas Piet.

“Pendidikan karakter juga harus dipupuk untuk pemuda desa, karena mereka juga punya andil dalam membangun bangsa,” tutup Piet. (nisa pujiana)

Kontributor: Aris Syahroni

Shared:
Shared:
1