Kader Muhammadiyah Harus Memelihara 6 AT

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 26 Oktober 2016 10:12 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TEGAL – Kader Muhammadiyah sebagai estafet kaderisasi pergerakan Muhammadiyah diharapkan senantiasa memiliki tanggung jawab dan mememilihara konsep 6 AT dalam kehidupan bermasyarakat.

Seperti diutarakan Fathin Hamam,saat mengisi acara Tausyiah dalam rangka Pelantikan Bersama Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah sekaligus Ortom Muhammadiyah Desa Wangandawa Minggu (23/10), Ia menjelaskan konsep 6 AT yang dimaksud yaitu,  taat, sehat, kuat, semangat, manfaat, dan selamat.

Pertamaadalah taat, taat yang dimaksud tercantum dalam Q.S. An-Nahl ayat 97 yang artinya, barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

“Makna dari surah An-Nahl tersebut, kader Muhammadiyah harus benar-benar taat kepada-Nya,” ucap Fathin.

Kedua,sehat. Sehat merupakan suatu kebutuhan bukan pilihan. “Maksud dari sehat disini adalah selain menjaga kebersihan juga rajin berolahraga,” ucap Fathin.

 Ketiga,kuat. Orang mukmin yang kuat akan lebih dicintai oleh Allah Swt, kuat yang dimaksud adalah kuat aqidahnya. Keempat, semangat. Kader Muhammadiyah harus selalu memegang teguh ideologinya, dan semagat harus selalu digelorakan.

Kelima,yaitu manfaat. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama manusia HR. Thabrani. Sangat jelas bahwa kader Muhammadiyah harus saling membantu satu sama lain ketika ada kesusahan ataupun mengalami kendala dalam gerak organisasi,” pungkas Fathin.

Kembali dilanjutkan bendahara PDM Kabupaten Tegal tersebut, yang Keenam, selamat. “Jika semua AT yang pertama hingga kelima dijalankan, maka kader Muhammadiyah akan merasakan selamat, baik dunia maupun akhirat,” ucap Fathin.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Sahuri,Kepala Desa Wangandawa, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan’Aisyiyah Talang II, serta jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tegal.(adam)

Kontributor:  Riza A. Novanto

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1