Keterampilan Guru Dibutuhkan dalam Mencetak Siswa yang Berkarakter

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 25 Oktober 2016 12:33 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURBALINGGA- Guna mencetak siswa yang berkarakter, dibutuhkan peran besar dari seorang guru. Seorang guru harus memiliki ketrampilan dalam menghasilkan peserta didik yang sholeh, dan juga cerdas. Hal tersebut yang kini dikedepankan oleh SD Muhammadiyah 1 Purbalingga.

Seperti disampaikan Hilmi, pengurus SD Muhammadiyah 26 Surabaya, salah satu contoh dalam hal memberikan keterampilan bagi siswa yang dilakukan SD Muhammadiyah 1 Purbalingga agar anak didiknya memiliki karakter yaitu membiasakan siswa untuk duduk ketika makan ataupun ketika minum.

“Cara tersebut cukup sederhana, tapi jika siswa telah mampu mengamalkannya, maka akan muncul karakter kesholehan dan kecerdasan siswa,” ucap Hilmi, saat melakukan kunjungan ke SD Muhammadiyah 1 Purbalingga yang diselenggarakan sejak tanggal 17 hingga 22 Oktober 2016.

Rasa kagum terhadap SD Muhammadiyah 1 Purbalingga turut disampaikan Hervit, Kepala SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Ia mengatakan bahwa SD Muhammadiyah 1 Purbalingga memiliki konsep pendidikan yang unik. “Kami rasa murid-murid SD Muhammadiyah 26 Surabaya harus merasakan istimewanya sekolah di sekolah SD Muhammadiyah 1 Purbalingga, yaitu dengan suasana kelas seperti gazebo dan lingkungan sekitar yang asri,” ucapnya.

Selama di Purbalingga, tambah Hervit, anak-anak belajar kearifan lokal Purbalingga secara langsungdan juga belajar banyakmengenai kesederhanaan. “Kesederhanaan dalam bertutur dan bersikap sangat diajarkan di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga, hal tersebut yang akan kami tiru dalam kegiatan kunjugan ini,” tutup Hervit. (adam)

 

Kontributor: Dwi Putri

 

Shared:
Shared:
1