SMK Muhammadiyah Imogiri 1 Raih Juara 1 dalam Nusantara Expo 2016

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 24 Oktober 2016 15:43 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA- Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa-siswa SMK Muhammadiyah Imogiri 1 (Muhim) melalui karya Mobil Balap Formula Bertenaga Hybrid dalam ajang Nusantara Expo 2016 yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta sejak tanggal 19 hingga 22 Oktober 2016.

Mobil yang dibuat oleh Adon Vendy Pradana, Edi Sofyan, Nasyid Muzaki, Ade Rivan Hidayatullah dan Rafif Yuhdi Arrizal dalam Nusantara Expo 2016 tersebut berhasil mendapatkan juara 1 kategori stand terbaik tingkat kementrian yang dalam hal ini mewakili Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Seperti disampaikan Wiranthi Prastomo, Humas SMK Muhim ketika dihubungi redaksi website Muhammadiyah.or.id, Senin (24/10) mengatakan, keberhasilan yang telah diraih tersebut tidak terlepas dari kerja keras tim Mobil Formula SMK Muhim.

“Keberhasilan Ini tentunya bukan akhir, namun awal bagi SMK Muhim untuk selalu berbenah meningkatkan kualitas dan inovasi, untuk membawa SMK Muhim berkemajuan dan membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” pungkas Wiranthi.

Seperti dijelaskan Ade, keistimewaan dari mobil formula tersebut yaitu memiliki dua sumber tenaga penggerak hibryd, yang berasal dari motor listrik yang disuplai dari tenaga surya digabung dengan mesin bensin.

“Tenaga penggerak dari motor listrik dihasilkan dari panel sel surya yang terletak di bagian atas mobil disimpan dalam baterai, selanjutnya dari energi listrik tersebut digunakan untuk memutar motor listrik BLDC yang terletak pada kedua roda depan mobil balap,” jelas Ade.

Kembali dilanjutkan Ade, sedangkan mesin bensin sebagai tenaga penggerak cadangan diletakkan di belakang untuk memutar roda belakang mobil. Kedua sumber tenaga penggerak mesin baik motor listrik BLDC maupun mesin bensin dapat bekerja saling bergantian dan juga dapat menggerakkan mobil secara bersama-sama. (adam)

 

 

Shared:
Shared:
1