Muhammadiyah Turut Ambil Peran dalam Kerukunan Antar Umat Beragama

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 21 Oktober 2016 08:38 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO- Guna menciptakan kerukunan dan menghindari konflik antar umat beragama, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purworejobekerjasama dengan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dan Kementrian Agama Kabupaten Purworejo menggelar acara yang bertajuk ‘Silaturahmi dan Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama”, Rabu (19/10).

Acara yang dihadari oleh50 undangan peserta yaitu dari PDM Purworejo, perwakilan Ormas Islam, Kemenag, Pemuka Katolik, Kristen dan Konghucu di Kabupaten Purworejo tersebut diselenggarakan di ruang seminar Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tujuan diadakannya forum tersebut, seperti diutarakan oleh Ketua Umum Pimpinan Daerah MuhammadiyahPurworejo, Pudjiono, adalah untuk menjalin silahturahmi antar golongan dan membahas keindonesiaan serta bertukar pikiran dan memikirkan bersama-sama untuk membangun Kabupaten Purworejo yang berkemajuan.

“Kami mengajak semua golongan untuk bersama di bawah nahkoda ‘Garuda Pancasila’ di mana Indonesia sebagai perahunya yang terdiri dari keberagaman umatnya,” tutur Pudjiono.

Pudjino menambahkan, perbedaan tidak menjadikan antar golongan untuk saling memecah dan memicu banyak konflik. “Kebinekaan adalah sebuah keniscayaan dan sunatullah.  Maka dari itu,tidak ada bangsa tanpa adanya keberagaman. Hadirnya Muhammadiyah di negeri ini adalah sebagai organisasi sosial yang berdakwah dengan amar ma’ruf nahi munkar di tengah keindonesiaan,” tambahnya.

“Dengan banyaknya amal usaha Muhammadiyah di negeri ini,mulai dari rumah sakit, sekolah, panti dan pelayanan anak adalah kado Muhammadiyah untuk Indonesia,”ujar Pudjiono.

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Purworejo,Junaedi Jazulimengatakan bahwa adanya forum tersebut sebagai wadah untuk terus menjaga kerukunan antar golongan umat beragama serta menjadi titik jalan temu dari hal-hal yang dipermasalahkan.

Junaedi menambahkan, bahwa FKUB Purworejo tahun ini dinyatakan sebagai FKUB terbaik terbaik se-Indonesia karena telah berhasilmenjadikan kerukunan angar golongan umat. (Ika)

Kontributor: Andi Mahfuri

 

Shared:
Shared:
1