Busyro Muqoddas: Jadikan Syahadat Sebagai Prinsip Hidup

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 18 Oktober 2016 10:01 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Pada hakikatnya, tujuan manusia hidup di dunia ini adalah untuk beribadah agar mendapat ridho Allah SWT. Hidup di dunia harus memiliki prinsip, dan syahadat adalah prinsip utama yang harus dipegang oleh umat muslim.

Seperti dijelaskan Busyro Muqoddas, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bahwa syahadat memilki keutamaan bagi setiap muslim. Selain karena diucapkan setiap shalat, syahadat merupakan pegangan atau prinsip bagi setiap muslim dalam menjalani hidup dan beribadah kepada Allah.

“Fungsi syahadat itu adalah memperteguh dan menguatkan kembali keyakinan kita,” ucap Busyro, Senin (17/10).

Kembali ditambahkan oleh Busyro, ketika syahadat dijadikan sebagai prinsip hidup, maka tujuan hidup akan menjadi jelas karena memiliki pegangan yang kuat. Pada hakikatnya, yang menjadi pembeda manusia di mata Allah SWT adalah iman, maka syahadat merupakan senjata yang mampu memperteguh dan menguatkan iman ketika manusia merasakan goyahnya keimanan.

“Jadikan syahadat sebagai prinsip hidup kita, tetap teguhkan dalam segala kegiatan apa pun, dalam ber-muamalah, ukhuwah, dan segala ibadah,” tambah Busyro.

Syahadat merupakan kalimat pertama yang harus diucapkan ketika seseorang hendak memeluk agama Islam. Oleh karena itu, keutamaan dan keistimewaan syahadat hendaknya dipegang teguh dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Keistimewaan kalimat syahadat mengingatkan umat Islam agar mampu mengenalkan Islam pada siapa pun dengan upaya semampu kita,” tutup Busyro. (adam)

Reporter: Nisa Pujiana

Shared:
Shared:
1