Ponpes Muhammadiyah Kudus Gelar Festival Muharram

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 17 Oktober 2016 10:41 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KUDUS- Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah. Maka dari itu, dalam rangka memeriahkan datangnya bulan Muharram, Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus mengadakan Festival Muharram yang diadakan pada hari Minggu (16/10) bertempat di Ponpes Muhammadiyah Kudus.

Tahun ini adalah kali keempat Ponpes Muhammadiyah Kudus menyelenggarakan Festival Muharram, yang diisi dengan berbagai macam perlombaan, diantaranya lomba Da'i, tahfidz, kaligrafi, LCC, qiro'ah, adzan, dan iqomah. Yang diikuti oleh seluruh Madrasah Diniyah (Madin) Muhammadiyah se-Kabupaten Kudus.

Seperti dijelaskan Suprehatin, sekretaris Festival Muharram, menjelaskan, tema yang diangkat dalam acara Festival Muharram kali ini yaitu "Bersama Ponpes Muhammadiyah Kudus Menuju Madin yang Berkemajuan".

“Maksud dari tema itu sendiri adalah agar Madin Muhammadiyah di Kudus semakin maju dan aktif dalam kegiatan-kegiatan positif yang menambah semangat belajar serta mengasah kreativitas anak-anak Madin,” jelas Suprehatin.

Dalam Festival Muharram tersebut, para peserta saling berkompetisi dalam menunjukkan bakatnya. Ada yang tampil dengan suara merdunya dalam mengumandangkan adzan, ada juga yang menunjukkan kemahirannya memadukan warna-warna cantik dalam membuat kaligrafi.

Seperti disampaikan Izza Zaky Ar-Rasyid, salah seorang peserta dari Madin Wasilatut Taqwa, Gribig, Kudus. "Senang bisa berpartisipasi dalam acara ini karena bisa menambah pengalaman dan teman baru. Selain itu juga menambah wawasan," ucapnya.

Sementara itu, Maulida Khotimah, salah seorang santri Ponpes Muhammadiyah Kudus juga turut memberikan komentar. "Sebagai santri bukan hanya unggul dalam hal agama, tapi kita juga dilatih berbisnis dengan mengkreasikan makanan-makanan sederhana agar lebih menarik untuk dijual, salah satunya yaitu dengan adanya Festival Muharram,” katanya. (adam)

Kontributor Amalia Silmi

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1