SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Tanamkan Ide Kreatif Solusi Ketahanan Pangan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 14 Oktober 2016 10:58 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – Edukasi yang diberikan pada siswa, hendaknya tidak mencakup hal-hal akademis saja. Melainkan pelatihan agar siswa peka terhadap permasalahan dan lingkungan sosial. Seperti yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta yang mengadakan kegiatan Festival Kedaulatan Pangan Nusantara pada Rabu, 12 Oktober 2016.

Menurut Aryanto, Staf Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2016. Selain itu, kegiatan yang diadakan dalam rangka rehat tengah semester gasal ini juga merupakan ajang pemberian edukasi pada siswa agar memiliki pengetahuan tentang diversifikasi pangan.

“Kami memanfaatkan waktu rehat tengah semester ini dengan mengisi kegiatan positif bagi seluruh siswa,” ungkap Aryanto.

Adapun jenis makanan yang digelar dalam Festival Kedaulatan Pangan Nusantara ini adalah makanan tradisional yang bahan pokoknya berasal dari selain beras seperti sega tiwul, sega jagung, gethuk, klepon dan lain-lain.

Kembali ditambahkan oleh Aryanto, pemilihan bahan pokok selain beras bertujuan untuk memberikan edukasi pada siswa bahwa membangun kedaulatan pangan jangka panjang tidak hanya mengandalkan beras, melainkan juga bisa mengoptimalkan varian jenis lain yang mengandung karbohidrat.

“Harapan dari kegiatan ini adalah memicu siswa agar mampu berfikir kreatif untuk menghadapi masalah ketahanan pangan dunia,” tutup Aryanto.

 

 

Reporter : Nisa Pujiana

Redaktur : Fauziah Mona

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1