IMM Universitas Sangga Buana Bandung Luncurkan Perpustakaan Kreatif

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 14 Oktober 2016 10:41 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANDUNG – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung meluncurkan Perpustakaan Kreatifdi Bandung, Selasa, 11Oktober 2016. Program ini diwujudkan bekerjasama dengan Universitas Sangga Buana, PerpustakaanUSB YPKP, Penerbit Arrafi dan Lekkas,dan BEM USB YPKP.

Pembina PK IMM USB, Roni Tabroni mengatakan, Perpustakaan Kreatif ini diluncurkanuntuk memberikan ruang diskusi. Yakni mengembangkan serta mengembalikan budaya literasi dikalangan mahasiswa.

“Mencari ilmu itu wajib bagi semuanya, baik perempuan maupun laki-laki,” ujar Ronidalam peluncuuran Perpustakan Kreatif ini. Orang yang gemar mencari ilmu, kata dia, akan mendapatkan jalan khusus menuju surga. Dan hal itu memang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Roni memberitahukan, Perpustakaan Kreatif ini akan memiliki kegiatan diskusi rutin, pojok ekspresi, yang nanti mengarahkan mahasiswa lebih aktif menulis atau menghimpun karyanya menjadi buku. Targetan umumnya adalah mahasiswa lama. Dan  khusus mahasiswa baru, terang dia, akan didorong membentuk pondasi dalam kemampuan membaca dan menulis.

“Tumbuhkan dulu rasa betah di perpustakaan, ketika sudah betah dan sering berkunjung ke perpustakaan, nantinya pasti lama-lama akan membaca. Juga perlu dipahami bahwa jika ingin menjadi penulis yang baik maka jadilah pembaca yang baik, membaca dengan tafsiran yang luas,” jelas Roni, dosen Ilmu Komunikasi USB yang produktif menulis buku dan opini di berbagai media massa.

Sementara itu, Ketua PK IMM USB, Hadi Muhammad Rizal menuturkan, Perpustakaan Kreatif ini akan hidup jika mahasiswa pandai memanfaatkannya. Hal ini dapat direalisasikan dengan terdaftarnya mahasiswa menjadi anggota atau peserta Perpustakaan Kreatif.

“Karena kami hanya memfasilitasi semata dan dampaknya yang akan merasakan adalah kawan-kawan mahasiswa,” kata Hadi.

 

Redaktur: Ridlo Abdillah

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1