Din : Agama Harus Menjadi Solusi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 05 Februari 2012 12:40 WIB

Banyaknya persoalan di Negara ini khususnya terkait dengan kerukunan ummat beragama semestinya menjadi perhatian para pemuka agama dan ormas agama untuk turut memberikan solusi. Beberapa kasus yang terjadi akhir-akhir ini seharusnya tidak terjadi, karenanya para tokoh lintas agama yang berada di level generasi mudanya harus menjadi bagian dari upaya penyelamatan NKRI.

Ungkapan tersebut disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah yang sekaligus sebagai Presiden Inter Religion Council Indonesia pada saat sambutan melalui rekaman Minggu (5/2) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jakarta dalam acara Sarasehan “Harmoni untuk NKRI”. Acara ini merupakan rangkaian  kegiatan dari “Word Interfaith Harmoni Week”.

Din juga menjelaskan bahwa agama dalam berbagai kesempatan harus mengambil peran strategis. “Terlebih dalam kondisi banyak masalah, agama harus menjadi solusi,” tegasnya. Karenanya menurut Din, jangan sampai justru agama menjadi persoalan atau menambah masalah yang ada.  

Din berharap, dengan adanya kegitan tersebut, para tokoh agama di kalangan muda melalui Inter Religion Council Indonesia dapat memberikan semangat kepada seluruh penduduk negeri ini tentang arti penting perdamaian. Dengan tema di atas, kita ingin memrefleksikan semangat damai dalam sebuah ikatan NKRI.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Saleh Daulay, menegaskan bahwa berbicara kerukunan antar umat beragama, yang paling penting adalah bagaimana kita membina ke dalam. “Jangan sampai kita seolah-olah paling menjadi pahlawan, padahal kita juga yang melakukan kerusuhan”. Jadi menurut Saleh, lebih baik setiap pimpinan agama keagamaan ini lebih membina dulu kalangan internal, sehingga katanya melakukan toleransi tetapi di dalam keropos. (rt)

Shared:
Shared:
1