Yunahar ilyas: Muhammadiyah Lahir untuk Membebaskan Umat dari Perbuatan Syirik

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 09 Oktober 2016 09:58 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Muhammadiyah adalah organisasi sosial keagamaan yang menjunjung tinggi asas kemaslahatan umat. Gerakan pembaruan dalam Muhammadiyah bertujuan untuk menciptakan masyarakat berkemajuan agar selalu mampu berlomba-lomba dalam menuai kebaikan.

Hal tersebut seperti dijelaskan oleh Yunahar Ilyas, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dalam acara Resepsi Milad RS PKU Muhammadiyah Bantul ke-52, Sabtu (8/10). “Muhammadiyah adalah spirit dakwah dan perjuangan yang merupakan bagian dari islam pencerahan,” ujar Yunahar.

Dalam bermuhammadiyah, semua yang dilakukan adalah dakwah. Kembali ditambahkan oleh Yunahar, bahwa terdapat empat bentuk pencerahan dan pembebasan yang berangkat dari gagasan Muhammadiyah sebagai gerakan islam pencerahan.

Muhammadiyah lahir untuk membebaskan umat dari perbuatan syirik yang manusia lakukan di zaman dahulu. Menyadarkan manusia untuk menyembah Allah SWT. “Intinya, Muhammadiyah adalah gerakan yang menggiring kita pada ajaran Tauhid,” papar Yunahar.

Menyadari akan pentingnya pendidikan bagi umat manusia, Muhammadiyah juga dengan gencar membangun tempat-tempat belajar atau sekolah demi turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Yunahar menjelaskan bahwa upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bukan semata-mata tugas negara saja, melainkan masyarakatnya pun harus turut serta dalam menyukseskan itu.

Sejak awal berdiri, salah satu dari sekian banyak fokus Muhammadiyah adalah bertujuan untuk membebaskan umat manusia dari garis kemiskinan. Bagaimana pun, persoalan ekonomi masih menjadi masalah tersendiri bagi Indonesia. “Oleh karena itu, Amal Usaha Muhammadiyah didirikan agar dapat memberi dampak positif bagi sektor ekonomi dan mengurangi angka kemisikinan,” papar Yunahar.

Gerakan pembebasan lainnya adalah membebaskan umat manusia untuk terhindar dari segala macam penyakit dan menjamin kesehatan bagi seluruh umat manusia. Seperti tujuan awal didirikannya PKU Muhammadiyah, menunjukkan bahwa Muhammadiyah adalah gerakan yang peduli pada semua aspek kehidupan manusia, termasuk kesehatan.

“Muhammadiyah itu paket komplit, karena Muhammadiyah adalah gerakan yang peduli pada semua aspek,” tutup Yunahar. (adam)

Reportes: Nisa Pujiana

Shared:
Shared:
1