MPM Banjarnegara Konsisten Dampingi Warga Korban Tanah Longsor Jemblung

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 07 Oktober 2016 13:05 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANJARNEGARA- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banjarnegara, melakukan pendampingan rutin masyarakat di hunian tetap Jemblung, Karangkobar, Banjarnegara.

Pendampingan yang dilakukan yaitu dalam bidang pemulihan peternakan dan pertanian pasca terjadinya bencana tanah longsor yang melanda Dusun Jemblung beberapa waktu yang lalu. Seperti disampaikan Muslih, Anggota MPM PDM Banjarnegara, MPM bersama masyarakat membangun kandang komunal kambing, dan juga melakukan pelatihan pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik.

“Dengan adanya pelatihan pengolahan kotoran kambing dan dibangunnya kandang komunal kambing di Dusun Jemblung oleh MPM PDM Banjarnegara bersama warga dapat menopang perekonomian warga,” ucap Muslih, Rabu (5/10) ketika ditemui kontributor website Muhammadiyah.or.id

Kembali ditambahkan Muslih, MPM PDM Banjarnegara juga turut mendorong warga untuk menghasilkan produk pertanian dan peternakan yang halal dan toyyib. “Alhamdulillah respon masyarakat dalam kegiatan yang kami lakukan mendapatkan respon yang cukup baik, dan semangat warga untuk menghasilkan pertanian dan peternakan yang halal dan toyyib semakin terlihat,” tambahnya.

Muslih juga mengatakan, MPM PDM Banjarnegara memiliki semangat jihad dalm mengakkan kedaulatan pangan, salah satunya yaitu dengan mengajari warga Dusun Jemblung dalam membuat nutrisi dari alam yang berguna untuk  peternakan, salah satunya yaitu nutrisi mikroba.

“Dengan nutrisi tersebut jika disemprotkan ke kotoran hewan, maka kotorannya menjadi tidak bau, sehingga kandang juga tidak bau kotoran sama sekali dan kambing pun merasa nyaman,” jelas Muslih. (adam)

Kontributor: Riza

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1