Pelajar Muhammadiyah Jatinom : Kurangi Golput Melalui Musyawarah Ranting

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 05 Oktober 2016 18:15 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KLATEN -- Dalam rangka pemilihan pimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 2 Jatinom,  yang akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2016, Panitia Musyawarah Ranting (Musran) IPM SMK Muhammadiyah 2 Jatinom mendatangi kantor komisi pemilihan umum (KPU) Klaten (4/10) Sebanyak 15 siswa yang didampingi sejumlah guru ditemui langsung oleh Ketua KPU Siti Farida dan 4 komisioner KPU.

''Mereka ingin pengurus yang terpilih benar-benar pilihan mayoritas. Jadi mereka datang ke KPU untuk mengetahui berbagai hal yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan pemilihan yang demokratis,'' kata Siti Farida.

Arif Muhammadi,  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, panitia Musran IPM SMK Muhammadiyah 2 Jatinom ingin mengetahui proses pemilu, mulai dari urusan logistik menjelang pemilihan, kebutuhan dan fungsi kesekretariatan, proses pencalonan, sampai tata cara pemilihan dan pelaksanaan pemungutan suara.

Muhammad Ansori, Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Data dan Informasi,  mengatakan bahwa panitia harus mempersiapkan berbagai keperluan pemilihan seperti KPU mempersiapkan Pilkada. Bimbingan teknis panitia pemilihan IPM SMK Muhammadiyah 2 Jatinom akan dilakukan menjelang pemilihan pimpinan IPM secara langsung.

Kesempatan itu sekaligus digunakan oleh KPU untuk melakukan sosialisasi tentang demokrasi dalam penyelenggaraan pemilihan dan pentingnya menggunakan hak suara saat pemilihan umum. Dengan demikian, nantinya akan meningkatkan partisipasi dari kalangan pemilih pemula.

 

Kontributor : Arjuna

Redaktur : Rika Dewi F

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1