Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Klaten Bersinergi Perangi TBC

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 05 Oktober 2016 10:28 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KLATEN- Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Klaten memerangi penyakit Tubercolusis (TB) melalui kegiatan berbasis masyarakat. Upaya tersebut dijalankan oleh Majelis Kesehatan PDA Klaten bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan pada Senin (3/10).

‘Aisyiyah dikenal sebagai organisasi otonom Muhammadiyah yang peduli masyarakat, sehingga tiap tahunnya selalu melakukan upaya-upaya progresif untuk menangani permasalahan di masyarakat. Seperti upaya yang dijalankan oleh PDA Klaten dalam menangani kasus penyakit TBC.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Klaten, jumlah penderita TBC di Kabupaten Klaten pada tahun 2014 adalah sebanyak 448 orang dan 10 penderita meninggal dunia. Sedangkan pada tahun 2015, jumlah penderita TBC meningkat sebanyak 751 dan 13 penderita meninggal.

Berangkat dari meningkatnya penderita TBC dari tahun ke tahun, maka PDA Klaten kembali mengadakan TB Care. “Penderita TBC Klaten terus mengalami lonjakan, bahkan sampai berujung pada kematian, sehingga upaya penanganan harus segera dilakukan,” pungkas Nunuk Wuryan, Sekretaris PDA Klaten.

Pada tahun 2016 ini, Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah memilih 13 delegasi untuk pencanangan program TB Care, PDA Klaten adalah salah satu PDA yang mendapatkan alokasi program TB Care. “Pada tahun ini PDA Klaten dipercaya kembali untuk melaksanakan program TB Care sebagai Principal  Recipient (PR),” tambah Nunuk.

Nunuk menambahkan, program dari PPA ini didukung sepenuhnya oleh PDA Klaten demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami sangat mendukung program ini, dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Klaten serta Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah akan ditingkatkan agar mampu bersinergi dengan baik,” tutup Nunuk.  (Nisa)

 

Kontributor: Arjuna

 

Shared:
Shared:
1