MPM Resmikan Pusdiklat Pertanian Rakyat Ketiga di Magelang

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 04 Februari 2012 19:53 WIB

 

Magelang- Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pertanian Rakyat ketiga di Sawangan, Magelang. Pusdiklat tersebut diresmikan secara simbolis oleh Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y. Thohari dengan membuka tirai penutup papan nama, Sabtu (04/02/2012).

 

Ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, Pusdiklat MPM Muhammadiyah akan diperuntukkan sebagai tempat mendidik dan mengkader para pendamping  dan juga para petani itu sendiri dalam menimba ilmu pertanian yang salama ini dikembangkan oleh MPM. Selama ini menurut Din, dirinya telah beberapa kali menghadiri acara panen raya MPM di berbagai daerah, dan hasil interaksi langsung dengan petani, hampir seluruh petani mengaku ada peningkatan hasil produksinya. “Para petani diberbagai daerah juga menuturkan, setelah ada pembinaan dari MPM, mereka merasakan hasil yang cukup memuaskan, produktivitas meningkat, biaya produksi menurun, dan lebih tahan terhadap hama,” jelas Din. Pola integrated Farming yang dikembangkan oleh MPM menurut Din, yang memanfaatkan seluruh limbah produksi yang ada juga menciptakan nilai tambah tersendiri pada petani yang selama ini kurang bisa mengelola limbah produksinya.

 

Ada yang menarik dalam pembukaan Pusdiklat secara resmi oleh Hajriyanto yang juga Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, dalam rancangan awal, sedianya ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin yang akan meresmikan tetapi dalam prakatanya Din Syamsuddin menginginkan Hajriyanto Y Thohari agar menggantikan dirinya. Hal tersebut juga terjadi dalam rangkaian acara sebelumnya ketika prosesi panen padi simbolis, bahkan dalam prosesi tersebut Din Syamsuddin memberikan kata instruksi pada Hajriyanto yang saat itu mengenakan batik dengan motif hijau, dan dengan segera Hajriyanto menerima amanah tersebut dengan senang hati. 

Shared:
Shared:
1