MPM PP Muhammadiyah Resmikan KSP Bank Difabel

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 03 Oktober 2016 09:57 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) pada Minggu (2/10) telah meresmikan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bangun Akses Kemandirian (Bank) Difabel (KSP Bank) bertempat di Gedung PP Muhammadiyah.

Seperti disampaikan M. Nurul Yamin, Ketua MPM PP Muhammadiyah, munculnya ide untuk mengembangkan KSP Bank Difabel berlatarbelakang dari melihat realitas kerap terhambatnya kaum difabel dalam melakukan proses perbankan di Bank Umum.

“Salah satu keterbatasan para difabel tidak hanya pada aspek fisik namun pada akses usaha juga. Muncullah ide mengembangankan KSP Bank Difabel karena selama ini banyak yang terhambat dalam proses prosedural bank umum,” ucap Yamin.

Kembali ditambahkan Yamin, diharapkan dengan dibangunnya KSP Bank Difabel ini dapat membantu para difabel dalam membangun diri. MPM PP Muhmmadiyah disini sebagai pendamping pada usaha memiliki misi untuk pengetasan kemiskinan. Hingga saat ini KSP Bank Difabel sudah memiliki 33 nasabah dengan aset senilai Rp 150 juta

“Pendampingan yang telah dilakukan MPM diantaranya dalam hal pembukuan bank, teknis komputer, dan teknis menjalankan usaha,” ujar Yamin.

Sementara itu Bendara PP Muhammadiyah, Marpuji Ali, mengatakan pendirian KSP Bank Difabel ini menjadi bukti bahwa PP Muhammadiyah bisa menjadi simbol pergerakan Islam sebagai rahmatan lil alamin. "Saya yakin ke depan akan muncul gerakan-gerakan kreatif yang lain. Kami juga berharap pemerintah bisa ikut mengambil perhatian dan ikut berperan demi memberdayakan kelompok-kelompok difabel,” ucap Marpuji. (adam)

Reporter : Syifa Rosyiana Dewi

 

 

 

Shared:
Shared:
1