Sambut Tahun Baru Hijriyah dengan Pembinaan Akhlak

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 02 Oktober 2016 05:23 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Tahun Baru Hijriah 1438 yang jatuh pada Ahad(2/10) memiliki makna tersendiri bagi umat Islam.  Hendaknya tahun baru Islam ini dapat dijadikan momentum perubahan bagi umat Islam dalam membawa kebaikan.

“Agar dapat membawa kebaikan, maka kita perlu mengamalkan ajaran-jaran Islam dengan benar,” tutur Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agung Danarto, ketika ditemui redaksi website Muhammadiyah.or.id, Sabtu (1/10).

Kembali dilanjutkan Agung, salah satu cara dalam membawa kebaikan dan juga pembinaan akhlak, kita perlu mencontoh Nabi Muhammad SAW, yang sudah membawa peradaban menjadi maju dan berpegang teguh pada tuntunan ilahiyah.

Agung menjelaskan untuk dapat mewujudkan semua itu maka kita haru berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah, tentu dengan pemahaman menggunakan akal pikiran dan disesuaikan pemahamannya dengan era kontemporer yang nantinya akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

“Umat islam disamping mempertahankan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya serta meningkatkan ibadah yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah, yang bila itu dibina sedekemikian rupa maka akan menghasilkan akhlak moralitas yang baik,” ujar Agung.

Agung juga menegaskan bahwa pembinaan akhlak moralitas menjadi penting karena tugas Nabi Muhammad SAW di muka bumi ketika diutus oleh Allah SWT adalah untuk menyempurnakan akhlak. “Akhlak yang diajarkan nabi patutlah untuk kita contoh seperti membela kebenaran, amanah, jujur, santun, dan masih banyak lainnya,” pungkas Agung.

“Dengan pembinaan akhlak , umat islam di tahun 1438 H bisa meraih kejayaan juga menjadi pusat peradaban dan bisa kembali menguasai peradaban di muka bumi ini,” tutup Agung. (adam)

Reporter : Syifa Rosyiana Dewi

Berita Nasional

Shared:
Shared:
1