PDA Kabupaten Tegal Bantu Dinas Kesehatan Tanggulangi TB-HIV

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 28 September 2016 10:53 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SLAWI- Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tubercolusis). Jenis penyakit ini telah ada sejak zaman dahulu, yang salah satu penyebabnya adalah karena gizi buruk.

Diutarakan Kepala Dinas Kesehatan KabupatenTegal, Hendadi,  di Kabupaten Tegal sendiri terdapat 25 kasus penderita TB yang ditemukan, dan 8 diantaranya sembuh dan sisanya harus medapatkan penanganan khusus.

"Penting adanyasosialisasiuntuk menyadarkan pada masyarakat atas bahayanya penyakit menular, khususnya TB. Untuk menghindari maka perlu adanya pencegahan dengan cara imunisasi dan pola hidup sehat," ucap Hendadi dalam acara pertemuan penyusunan road map daerah program penanggulanga TB –HIV develored road map (goals &strategis)yang diselenggarakan oleh Community TB HIV Care Aisyiyah KabupatenTegalpada tanggal 27 hingga 28 September 2016 bertempat di Hotel Grand Dian Slawi.

Kembali dilanjutkan Hendadi, kasus TB di Kabupaten Tegal pada tahun 2015 terdapat sebanyak 2029 kasus. Melihat kondisi tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal meminta bantuan Community TB Care Aisyiyah KabupatenTegal untuk bersama-sama menangulangi dan saling bekerjasama.

TB Care AisyiyahKabupatenTegal beperan untuk menanggulangi penyakit yang membahayakan dan mematikan melalui peran Community TB care Aisiyah. "Kami peduli untuk mencegah sekaligus menanggulangipenyebaran TB, maka dari itu perlu adanya dukungan bersama dari stakeholder yang nantinya akan mengayomi dan mendukung program yang akan dilaksanakan," ucap Gofar, Koordinator Community TB HIV Care Aisyiyah Kabupaten Tegal.

Sementara itu, Sri Purwaningsih, Ketua PDA Kabupaten Tegal, menyampaikan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membuat rencana aksi daerah yang akan disepakati dan dilaksanakan bersama, sekaligus membantu Dinas Kesehatan untuk bersama-sama menanggulangi TB dan HIV.

"Kami berharap kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab Tegal untuk terus memberkan motivasi dan penyemangatdalam penanggulangan TB-HIV yang dilakukan oleh TB Care Aisyiyah," ucap Sri. (adam)

Kontributor:Hendra Apriyadi/MPI PDM Kab Tegal

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1