Kenalkan Ibadah Haji Sejak Dini, TPQ Tunas Melati Muhammadiyah Adakan Manasik Haji

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 27 September 2016 09:48 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO-  Manasik haji ini merupakan salah satu program lembaga pendidikan Al Quran yang bertujuan mengenalkan ibadah haji sejak dini sertamemberikan pengalaman contoh beribadah haji yang sebenarnya.

TPQ Tunas Melati Muhammadiyah Kutoarjo dibawah asuhan Mangsudi menyelenggarakan manasik ibadah haji,yang diikuti oleh 60 santri, bertempat di lokasi Pantai Jetis Ketawang, Grabag Purworejopada Minggu (25/9).

Selain program manasik ini, TPQ yang didirikansejak tanggal 28 Oktober 1989olehAngkatan Muda Muhammadiyah Kutoarjotersebut juga memiliki program lain yaitu: Materi pokok; qiroati, menulis, tajwid, ghorib, tarjamah, tahfidz dan qiro’ah. Pengetahuan agama; aqidah, ibadah muammalah, akhlaq dan tarikh. Bahasa asing; bahasa Arab dan bahasa Inggris. Ekstra; tapak suci, manasik haji, perawatan jenazah, wisata santri dan nasyid. Bimbingan kemasyarakatan; Kunjungan masjid, majelis ta’lim, PKU, RSU dan keluarga yang sedang mendapat musibah.

 “Visi lembagayang dimiliki TPQini yaitu jujur, iman, taqwa dan berakhlak mulia," ujar Mangsudi.

Visi tersebut berangkat darilatar belakang untuk menggairahkan kembali pengajian anak malam hari, yang akhir-akhir ini semakin langkakarenadampak dari globalisasi. Rencanapenyelenggaraan pengajian itu akan dilakukan secara intensif, yaitusetiap hari Senin hingga Sabtu.

Setelah menyelesaikan kegiatan manasik haji, kegiatan dilanjutkan denganPengajian umum dan Pelantikan PC Muhammadiyah dan `Aisyiyah Grabag. Pengajian tersebut diisi olehDaicilik Wildan Mauzakawali Saptian, siswaSD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga.

"Harapan dari diselenggarakannya pengajian yang diisi oleh Wildan ini yaitu mampumenginspirasi santri untuk berkarya dan berdakwah amar ma`ruf nahi mungkar sejak dini," tutup Mangsudi.

 

Kontributor: Akhmad Musdani

Redaktur : Nisa Pujiana / Adam

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1