Siswa SD Muhammadiyah 4 Ukir Prestasi Bidang Robotic Tingkat Nasional

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 21 September 2016 19:12 WIB

SURABAYA, MUHAMMADIYAH.OR.ID --SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya, Jawa Timur mengikuti International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), (17-19/8/2016) lalu. Karya siswa SD Muhammadiyah 4 itu, Robot underwater, berhasil mendapatkan emas empat kali berturut-turut.

SD Muhammadiyah 4 itu mengirimkan 3 delegasi peserta lomba, yaitu Muhammad Abyan (kelas VI), Ilham Wandy (kelas V) dan Afel Allaric (kelas VI). Endik Setiawan, selaku penanggung jawab ekstrakulikuer robotik SD Muhammadiyah 4 mengatakan bahwa kemenangan ini disebabkan karena SD Muhammadiyah 4 selalu mampu mengikuti peraturan lomba yang tiap tahunnya berubah. “Tiap tahun IISRO melombakan berbagai macam ketegori lomba robot. Meski ada yang sama, aturan-aturan dibuat berbeda tiap tahun”, ungkap Endik.

Ekstrakulikuler robot di SD Muhammadiyah 4 ini merupakan salah satu kegiatan yang menjadi keunggulan di sekolah ini. Ada bimbingan khusus untuk setiap siswa yang berminat gabung di ekstrakulikuer ini. “Proses pembelajaran robotika sekitar satu sampai dua bulan. Bila reguler, cukup latihan seminggu sekali. Jika akan mengikuti kompetisi, latihan bisa digelar selama dua minggu terus-menerus”, jelas Endik.

Abyan, salah satu peserta lomba itu menyebutkan bahwa pemenang perlombaan itu ditentukan melalui jumlah kelereng yang dapat dipindahkan oleh robot tersebut. Kemudian, kesulitan yang ada dalam lomba itu adalah menjaga kestabilan robot selama di dalam air. (dzar)

 

 

Kontributor: Nisa Pujiana

 

Berita Nasional

Shared:
Shared:
1