Bandung Digenjot Jadi Pusat Perkaderan Aktivis Mahasiswa

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 20 September 2016 11:15 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANDUNG -- Ketua Bidang Kader Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Barat, Ibadi Rahman menilai, kaderisasi di lingkungan organisasi otonom sangat dibutuhkan untuk menguatkan karakter aktivis mahasiswa yang ada di Muhammadiyah. Karena itu, untuk mengisi penguatan kaderisasi di Muhammadiyah, IMM Jawa Barat terus menggenjot para aktivis IMM yang ada di tanah Sunda itu dengan berbagai kegiatan perkaderan baik formal maupun informal.

Hal ini pun dilakukan oleh Pimpinan Cabang IMM Kota Bandung dengan menggelar Latihan Instruktur Dasar (LID) IMM yang didampingi DPD IMM Jawa Barat pada 15-18 Oktober 2016, di Gedung Al Maun, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong, Bandung. Sebagai pusat pergerakan mahasiswa di Kota Kembang, PC IMM Kota Bandung menginginkan kader IMM memiliki integritas yang tinggi dalam meningkatkan kapasitasnya untuk berorganisasi secara dinamis.

"Diharapkan LID ini akan mendorong para kader menjadi pelaku dan penggagas transformasi sosial di tubuh Ikatan, Persyarikatan dan umat," ujar Ibadi kepada Muhammadiyah.or.id Selasa, (20/9). Aktivis mahasiswa Jawa Barat yang akrab dipanggil Ibad ini mengatakan, kegiatan LID tersebut berorientasi pada pendalaman keilmuan kader IMM dan pengembangan soft skill keinstrukturan.

Sehingga, dengan adanya kegiatan perkaderan itu, kata Ibad, dapat menjadi sarana dalam proses penumbuhan daya nalar kritis kader. "Saya berharap, peserta lulusan LID PC IMM Kota Bandung ini menjadi para ideolog IMM yang siap mengemban amanah Ikatan," kata dia.

Mahasiswa jurusan ekonomi STIE Muhammadiyah Bandung ini menuturkan, LID yang berjalan selama empat hari tersebut diharapkan juga mampu menanamkan nilai-nilai perkaderan dalam jiwa para peserta. Agar nantinya mereka terdorong untuk menularkannya kepada calon-calon kader Muhammadiyah lainnya. Walaupun kegiatan perkaderan ini terkesan serius, sambung Ibad, para peserta LID diajak bergembira untuk menjalaninya.

"Untuk PC IMM Kota Bandung semoga makin progresif," ujar Ibad mengapresiasi pergerakan PC IMM Kota Bandung.

Selain itu, Ketua PC IMM Kota Bandung, Rifki Muhammad Ihsan mengatakan, LID ini memang bertujuan untuk membentuk kader instruktur yang berkompeten. "Demi terwujudnya Ikatan ideal dan berkemajuan," tutur Rifki kepada Muhammadiyah.or.id, Ahad (18/9).

Rifki pun berharap, LID dapat membentuk kader IMM menjadi semakin religius, intelek, dan humanis sehingga mampu mewujudkan cita-cita Muhammadiyah.

Kegiatan LID PC IMM Kota Bandung ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai daerah dan perguruan tinggi. Di antaranya Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, STAI Muhammadiyah Bandung , STIE Muhammadiyah Bandung, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universias Prof. Dr. Hamka, dan Universias Muhammadiyah Purwokerto.

Rifki memberitahukan, kegiatan PC IMM Kota Bandung juga tidak akan berhenti sampai di perkaderan LID. Dalam waktu dekat, katanya, PC IMM Kota Bandung akan melaksanakan Safari Kajian Keilmuan dan Kebijakan Publik ke Pimpinan Komisariat IMM se-Kota Bandung.

Reporter: Ilma Aghniatunnisa

Redaktur: Ridlo Abdillah

Shared:
Shared:
1