IMM UNY Berdakwah dan Berbagi Qurban Lewat Bakti Sosial

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 13 September 2016 17:16 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAGELANG–Menyambuthari raya Idul Adha 1437 H, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Negeri Yogyakarta (IMM UNY) menyelenggarakan bakti sosial dan penyembelihan hewan qurban pada Ahad-Senin,(11-12/9/16). Agenda ini dilakukan rutin setiap tahunnya dengan mengambil lokasi berbeda-beda dalam setiap penyelenggaraan.

Kriteria lokasi penyelenggaraan Baksos IMM UNY kali ini menyasar tempat yang masyarakatnya ekonomi rendah, jarang ada qurban bahkan tidak sama sekali melaksanakan qurban pada Adha sebelum-sebelumnya, dan krisis akidah.Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang yang berada di lereng Gunung Merapi menjadi fokus kegiatan pada tahun ini.

Suparjo, Ketua Takmir sekaligus Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sumberdalamsambutannya ketika menerima kehadiran IMM UNYmenyampaikan terima kasih dan rasa bangga terhadap kepedulian IMM UNYyang mau berdakwah dan berbagi hingga pelosok desa. “Desa Sumber merupakan salah satu daerah yang masyarakatnya dibawah garis kemiskinan dan paling rawan terhadap aksi pemurtadankarena umat muslim disini menjadi kaum minoritas,’ ungkapnya.

Agenda Bakti Sosial dimulai dengan lomba-lomba bagi anak-anak santri TPA masjid desa berupa permainan yang menyenangkan dengan  disisipi pelajaranagama.Selanjutnya, acara dilanjutkan buka bersama warga setempat di masjid,setelah sholat maghrib berjamaah, kemudian santri TPA bersama remaja desa diarahkan untuk melakukan takbir keliling. Kegiatan hari pertama ditutup dengan pengajian akbar yang diisi oleh Ust. Burhanudin dari PCM Dukun, Magelang.

Puncaknya pada hari raya Idul Adha, setelah dilaksanakannya sholat ied berjamaah, langsung dilanjutkan pemotongan 61 ekor kambing.

“IMM UNY mendapatkan amanah sebanyak 76 ekor kambing, 15 diantaranya akan disembelih pada  hari ke-3 tasyrik di Ponpes Umar bin Khotob , Piyungan, Bantul, semuanya berasal dari donatur asal Singapura yang memang sudah bekerjasama sejak lama,” ungkapIMMawan Aulia Fathurohman, ketua panitiakegiatan baksos.

Pendistribusian daging disebar merata kepada masyarakat desa Sumber serta beberapa desa sekitar. Dalam acara tersebut juga dibagikan paket sembako gratis serta menyelenggarakan bazar pakaian murah yang seluruh pendapatan akan digunakan untuk keperluan pengembangan masjid.

“Kami sempat khawatir terhadap antusiasme warga, karena memang umat muslim disini minoritas, namun alhamdulillahkegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat respon positif baik dari warga muslim maupun non muslim.” pungkas Aulia.

 

 

Kontributor : Andi Mahfuri

Redaktur : Fauziah Mona

Berita Daerah

Shared:
Shared:
1