Pelajar Muhammadiyah Jember Miliki Program Perkaderan TPA

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 13 September 2016 16:21 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JEMBER -- Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Jember mengadakanprogram “Perkaderan TPA”  (Taman Pendidikan Al-Quran) pada12 September 2016 di Desa Ledok Ombo kecamatan Ledok Ombo Kabupaten Jember.

Acara yang bertemakan “Mencetak Generasi Berkarakter Islami” ini diikuti oleh 20 peserta usia Sekolah Dasar. Materi yang disampaikan pada kegiatan perkaderan ini adalah akhlak sehari-hari, praktek wudhusesuai Tarjih Muhammadiyah  dan motivasi belajar.

Dalam tataran teori, pendidikan karakter sangat menjanjikan bagi menjawab persoalan pendidikan di Indonesia. Namun dalam tataran praktik, seringkali terjadi bias dalam penerapannya. Tetapi sebagai sebuah upaya, pendidikan karakter haruslah sebuah program yang terukur pencapaiannya.

Salman Al-Farizi, koordinator pelaksana mengatakan bahwa program ini merupakan hasil pengamatan PD IPM Kabupaten  Jember di mana banyak pelajar saat ini karakter dan nilai-nilai budaya Indonesia yang sopan dan santun mulai hilang.

“Maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menanamkankembalinilai-nilai karakter itu, khususnya karakter Islam sejak dini agar para genarasi muda berkarakter Islami sesuai dengan tujuan yang kami harapkan dalam program ini,” jelas Salman.

Salam juga menjelaskan program ini nantinya akan terus  dkembangkan dan dikonsep lebih matang sebagai wujud peduli akan pendidikan karakter generasi muda.“Dimana sasaran kita adalah para anak anak  TPA di pedesaan seperti yang sudah kami lakukansaat ini,” katanya.

“Kedepan kami berusaha akan lebih terkonsep dan berkelanjutanagar ada hasil maksimal seperti tujuan kami dalam perkaderan TPA ini yaitu “Mencetak generasi Berkarakter Islami,“tutup Salman.

Acara di tutup dengan pembagian alat sholat, alat tulis, dan biscuit gratis. Dalam acara perkaderan ini, PD IPM Jember melalui bidang perkaderan dan KDI akan terus mengembangkan rrogram ini sebagai bentuk peduli IPM terhadap demoralisasi di kalangan pelajar.

 

Kontributor : Andi Saputra

Redaktur : Fauziah Mona

 

Berita Daerah

 

 

 

Shared:
Shared:
1