Din: Kaderisasi Ulama Tarjih Harus Sampai Tingkat Akar Rumput

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 22 Januari 2012 15:44 WIB

 

Magelang- Din Syamsudin, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, memberikan apresiasi positif dan mendukung sepenuhnya proses kaderisasi ulama di lingkungan Muhammadiyah. Pelatihan kader ulama Tarjih harus dapat dilaksanakan sampai tingkat bawah, baik di Wilayah-wilayah maupun Daerah-daerah. Bahkan Din berjanji akan menghadiri Wilayah atau Daerah yang dalam waktu dekat dapat menyelenggarakan Pelatihan Kader Tarjih di tingkat masing-masing. Dalam satu tahun ini Din berharap Wilayah dan Daerah telah menyelenggarakannya.

 

Demikian disampaikan Prof. Dr. Din Syamsudin, dalam Ceramah Iftitah Pelatihan Kader Tarjih tingkat Nasional, di UM Magelang Jawa Tengah, Jum’at, (20/01/2012). Din menambahkan, Muhammadiyah harus terus menerus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi umat, khususnya dalam persoalan keagamaan. Terlebih di tengah kehidupan modern sekarang ini. Gerakan Muhammadiyah bukan hanya harus menjadi gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar saja, tetapi juga menjadi gerakan tajdid dan gerakan ilmu.

 

Sementara itu, Prof. Dr. Ahmadi, Rektor UM Magelang dalam sambutan sebagai tuan rumah mengatakan, UM Magelang sangat bangga dapat menjadi tuan rumah bagi sebuah kegiatan yang sangat penting bagi Muhammadiyah. Menurut Ahmadi, ruh Muhammadiyah ada di Majelis Tarjih, sehingga Pelatihan Kader Tarjih yang dilaksanakan di Kampus yang ia pimpin tersebut akan didukung sepenuhnya oleh pihak UM Magelang. Di samping itu, Ahmadi berharap UM Magelang juga dapat mengambil manfaat dan barakah yang sebesar-besarnya dari kegiatan ini.

 

Adapun Prof. Dr. Syamsul Anwar, M.A., Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam sambutannya menyampaikan, kaderisasi ulama Tarjih harus dapat dilaksanakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Wilayah dan Daerah di tingkat masing-masing. Namun kalau bisa tidak hanya pelatihan singkat yang bersifat penyegaran, tetapi dalam bentuk pelatihan atau kursus berkala bahkan membuka sekolah Kader Tarjih. Hal ini, selain penting sebagai sarana sosialisasi produk-produk Tarjih Muhammadiyah juga sekaligus menjamin ketersediaan ulama Tarjih yang kompeten.

 

Pelatihan Kader Tarjih tingkat Nasional diadakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Magelang. Kegiatan berlangsung Jum’at-Senin, 20-23 Januari 2012, dengan mengusung tema: “Membangun Kompetensi Kader Ulama Tarjih dalam rangka Menguatkan Identitas Muhammadiyah sebagai Gerakan Tajdid”. *amr)

Shared:
Shared:
1