Muhammadiyah Jateng Tingkatkan Kapsitas Relawan dengan Diklat SAR Air

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 06 September 2016 18:12 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID.TEGAL -- Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Jawa Tengah bekerjasama dengan LPB Muhammadiyah Kab Tegal sebagai pelaksana mengadakan Diklat SAR Air Tingkat Madya Jawa Tengah pada 31 Agustus – 5 September 2016, acara tersebut betempat di Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal.

Arief Azman, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tegal mengungkapkan bahwa Muhammadiyah sebagai gerakan islam dakwah amar maruf nahi mungkar yang dikelola dengan manajemen modern harus berupaya untuk menjadi yang pertama datang ke lokasi bencana dan selalu berkomitmen untuk menjadi yang terahir meninggalkanya

“Seperti musibah bencana yang telah terjadi di Jawa tengah dan daerah daerah lain , peran LPB Muhammadiyah sangat strategis untuk membantu dan menolong masyarakat terdampak bencana,” jelas Arief.

“Pelatihan yang diselenggarakan oleh LPB Muhammadiyah Jateng ini merupakan bentuk kesadaran dan kepedulian di bidang sosial,“ tambah Arief saat membuka kegiatan diklat tersebut.

Menurut Qomari, panitia pelaksana kegiatan menuturkan kegiatan latihan SAR Air Tingkat Madya Jawa Tengah diikuti sebanyak 21 peserta dari Jateng dan Jakarta. Untuk pemateri dan instruktur berasal  dari BASARNAS Jateng, MDMC Jateng dan LPB Muhammadiyah Wilayah Jateng, serta LPB Muhammadiyah Pusat

Salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan latihan SAR air ini untuk meningkatkan kapasitas relawan dan anggota LPB Muhammadiyah dalam bidang SAR air.Sebagai tindak lanjut dari diklat tersebut, akan diadakan evaluasi rutin setiap tiga bulan sekali untuk terus meningkatkan kapasitas dalam bidang SAR air.

“Insya allah kami siap untuk diterjunkan di lokasi bencana dan siap untuk menolong dalam hal kebencanaan,” ungkap Qomari.

 

 

Kontributor : Hendra Apriyadi/MPI PDM Kab Tegal

Redaktur : Fauziah Mona

 

Berita Daerah

 

Shared:
Shared:
1