Cintai Sastra, Siswa SD Muhammadiyah Sapen Raih Juara 2 FLS2N

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 05 September 2016 10:06 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MANADO- Berawal dari rasa cintanya terhadap dunia sastra, mengantarkan Muhammad Iqbal Athafah siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta meraih juara 2 dalam Lomba Cipta dan Baca Puisi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada Kamis (1/9) bertempat di Manado, Sulawesi Utara.

Sulung dari empat bersaudara ini tengah merangkum karya-karyanya dalam sebuah buku berjudul "Tiba-Tiba Kulihat Cahaya" yang rencananya akan diluncurkan di tahun 2016 ini. "Alhamdulillah setelah dari FLS2N ini saya berencana akan meluncurkan buku kedua saya, namun untuk kapan pastinya saya belum tau," tuturnya seperti dikutip dalam kemendikbud.go.id.

Selain itu, Iqbal menuturkan ingin menjadi seorang sastrawan. "Dukungan dari guru dan orangtua sangat berarti bagi saya. Mereka menjadi inspirasi dalam pembuatan karya yang saya ciptakan," ucapnya.

Puisi yang berjudul Beragam Jiwa dari Satu Bendera karya Iqbal terinspirasi dari kondisi masyarakat Indonesia yang ia banggakan. Keragaman budaya, suku, adat istiadat, agama, dan kondisi sosial, digambarkannya sebagai warna-warni yang menyatu dalam ikatan bendera Merah Putih.

Berikut ini sebait puisi yang telah menghantarkan Iqbal meraih juara 2 di FLS2N :

Membentang luas di tengah samudera

Beragam jiwa dalam satu bendera

Budayanya langka di dunia

Berbagai agama kami percaya

Tapi ini benteng kuat yang diwarna

 

Redaktur: adam

Berita Nasional

 

Shared:
Shared:
1