70 Kader Ulama Siap Ikuti Pelatihan Kader Tarjih Tingkat Nasional

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 18 Januari 2012 20:36 WIB

 

Yogyakarta- Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menyelenggarakan Pelatihan Kader Tarjih Tingkat Nasional, besok pada hari Jum’at s.d. Senin, 20 s.d. 23 Januari 2012. Pelatihan akan diadakan di Universitas Muhammadiyah Magelang, Jalan Bambang Soegeng Mertoyudan Magelang Jawa Tengah.

Drs. Muhammad Mas’udi, M.Ag., selaku Ketua Panitia, menyampaikan bahwa menurut rencana sekitar 60 sampai 75 kader ulama akan ambil bagian menjadi peserta dalam Pelatihan ini, berasal dari unsur Majelis Tarjih dan Tajdid PWM se-Indonesia, beberapa organisasi otonom tingkat Pusat dan tuan rumah UM Magelang serta Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kabupaten dan Kota Magelang. Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, lanjut Mas’udi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UM Magelang yang telah berkenan bekerjasama dan menjadi tuan rumah. Diharapkan nantinya PTM yang lain dapat bekerjasama dengan Majelis Tarjih di tingkat Wilayah untuk menyelenggarakan kegiatan yang sama.

Menegaskan apa yang disampaikan Muhammad Mas’udi, secara terpisah, Ghoffar Ismail, S.Ag. M.A., Ketua Divisi Kaderisasi dan Organisasi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, mengatakan bahwa Pelatihan yang digelar nanti merupakan pilot project, diharapkan di setiap Wilayah dapat melaksanakan kegiatan serupa dengan sasaran kader ulama di tempat masing-masing. Jika itu dapat dilaksanakan dengan baik, Muhammadiyah tidak perlu kuatir akan terjadinya kelangkaan ulama. Bahkan, dalam kesempatan lain Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A. menegaskan, perlu juga dilakukan pelatihan kader yang bersifat kursus regular, bukan hanya pelatihan singkat, sehingga materi yang disampaikan bisa lebih mendalam. Hal ini dapat menunjang kompetensi ulama Tarjih yang sangat diperlukan bagi Muhammadiyah sebagai Persyarikatan yang bergerak di bidang amar makruf nahi munkar dan tajdid.

Pelatihan yang mengangkat tema Membangun Kompetensi Kader Ulama Tarjih dalam Upaya Penguatan Identitas Muhammadiyah sebagai Gerakan Tajdid ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. H. M. Din Syamsudin, M.A. pada hari Jum’at, 20 Januari 2012 pukul 13.30 di Kampus 2 UM Magelang. *amr)

Shared:
Shared:
1