Ketua MPR RI Ingin MDMC Gencar Gelar Pelatihan Siaga Bencana

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 01 September 2016 20:32 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID. JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Zulkifli Hasan mendorong agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center difokuskan pada persiapan penanggulangan bencana alam. Sebab, menurut dia, bencana alam di Indonesia yang tidak bisa diprediksi dapat terjadi.

“Kebiasaan kita, tiba bencana baru tiba akal,” kata Zulkifli saat ditemui Muhammadiyah.or.id di Gedung Nusantara V, Komplek DPR/MPRI RI, Jakarta, Kamis (1/9) siang.

Dalam kesempatan ini, Zulkifli Hasan sangat mengapresiasi kegiatan Seminar dan Lokakarya tentang kesiapsiagaan rumah sakit yang digagas oleh MDMC. “Seminar dan lokakarya ini amat teramat penting,” ujarnya.

Ia mengatakan, kesiapan untuk menghadapi bencana dapat mengurangi resiko yang timbul akibat bencana. Melihat dari negara lain seperti Singapura, Malaysia bahkan Jepang, menurut Zulkifli, masalah penanggulangan bencana adalah hal yang lumrah.

Negara tersebut,  katanya, sebelum menghadapi bencana dapat dipersiapkan segala sesuatunya. “Sehingga disebut harmoni dengan bencana, karena sudah biasa,” tutur Zulkifli.

Ia juga berharap anggaran yang diperoleh BNPB akan besar dan MDMC dapat melakukan pelatihan pada rumah sakit-rumah sakit agar selalu siap siaga terhadap bencana. Jika semua rumah sakit sudah terlatih, masyarakat juga sudah mendapatkan pendidikan yang cukup mengenai penanggulangan bencana. Hal itu, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan harmoni dengan bencana.

Lebih lanjut, Zulkifli berterima kasih kepada MDMC yang sudah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sebenarnya sangat penting ini. “MDMC sudah mempelopori penyelenggaraan acara penting dan strategis walau tidak populer,” katanya.

Kontributor: Fathurrahman

Redaktur: Ridlo Abdillah

Nasional

Shared:
Shared:
1