Amien Rais : Makna Persamaan Gender Telah dibahas di dalam Al-Quran

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 25 Agustus 2016 12:07 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA- Pembahasan mengenai kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan terkait dengan kedudukan di dalam masyarakat kerab dibahas di lapisan masyarakat. Namun, pada dasarnya makna persamaan gender telah ada di dalam Al-Quran, salah satunya pada surah Al-Ahzab ayat ke 35.

“Terdapat karakteristik muslim laki-laki dan muslim perempuan yang telah dibahas di Al-Quran yang berkaitan dengan persamaan gender,” ucap Amien Rais, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Kamis (25/8) bertempat di Gedung Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam acara Temu Tokoh Nasional yang merupakan serangkaian acara Muktamar Nasyiatul Aisyiyah (NA) ke- 13.

Karakteristik tersebut yaitu laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, dan Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar.

“Dalam Al-Quran tokoh puncak selain para Nabi juga terdapat tokoh-tokoh perempuan, diantaranya yaitu Siti Maryam, dan juga Asiyah istri Firaun, hal itu telah menandakan bahwa peran perempuan diakui sudah sejak lama,” kata Amien.

Kembali dilanjutkan oleh Amien, Muhammadiyah sejak awal telah berpegang teguh dalam Al-Quran, dan memberikan peran yang cukup besar bagi perempuan. “Muhammadiyah benar-benar memperhatikan peran perempuan untuk berperan dalam kemajuan zaman,” lanjut Amien.

“Masa depan Muhammadiyah berada di tangan para pemuda Muhammadiyah, salah satunya NA. Perempuan NA harus mampu berkompetisi dalam berbagai hal, salah satunya yaitu dalam bidang IPTEK,” tutup Amien. (adam) 

Shared:
Shared:
1