Mendikbud Muhadjir Resmikan Rumah Sakit Muhammadiyah Riau

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 23 Agustus 2016 14:05 WIB

PEKANBARU, RIAU, MUHAMMADIYAH.OR.ID – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhadjir Effendy, kemarin (22/8) meresmikan pembangunan dan operasional Rumah Sakit Muhammadiyah Riau. Rumah sakit ini berlokasi di Komplek Kampus II Universitas Muhammadiyah Riau, Jalan Tuanku Tambusai Ujung Pekanbaru.

Muhadjir yang juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI dalam peresmian RS Muhammadiyah Riau ini disaksikanoleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Walikota Pekanbaru Firdaus, Ketua PWM Riau Wan Abu Bakar, dan Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Baedhowi.

Ratusan warga Muhammadiyah Riau dari berbagai amal usaha Muhammadiyah seperti Universitas Muhammadiyah Riau, sekolah dasar dan menengah Muhammadiyah dan amal usaha lainnya ikut menyambut kehadiran Mendikbud dalam peresmian tersebut.

Muhadjir dalam sambutannya mengatakan, kehadiran rumah sakit Muhammadiyah diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya dalam hal kesehatan. Karena keberadaan rumah sakit yang berada di bawah manajemen Muhammadiyah ini, merupakan rumah sakit yang diperuntukkan bagi masyarakat dan kemaslahatan umat.

Dia menambahkan, keberadaan rumah sakit ini sebagai salah satu prioritas bagi Muhammadiyah dalam bidang kesehatan, selain pendidikan. Oleh karena itu, dirinya sangat mengapresiasi Muhammadiyah yang telah membantu pemerintah dalam hal kesehatan masyarakat.

"Melalui Muhammadiyah Riau, diharapkan rumah sakit ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Riau. Namun begitu, diharapkan tidak ada kolusi untuk kepentingan lain selain kepentingan masyarakat,"ujarnya.

Dalam peresmian Rumah Sakit ini, PW Muhammadiyah Riau melalui Majelis Pelayanan Kesehatan Umat (MPKU) juga menggelar pengobatan gratis bagi warga sekitar dan donor darah. Untuk kegiatan donor darah segenap warga Muhammadiyah bekerja sama dengan PMI Kota Pekanbaru dengan target minimal 200 kantong darah.

Setelah meresmikan Rumah Sakit Muhammadiyah Riau, Mendikbud juga membuka Rapat Kerja Wilayah Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Majelis Dikdasmen) PW Muhammadiyah Riau.