Tapak Suci UMM Deklarasikan Jaringan Alumni

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 19 Agustus 2016 10:20 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALANG- Puluhan alumni Perguruan Seni Bela Diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Cabang Universitas Muhammadiyah Malang(UMM) mengadakan silaturahim antar alumni yang diselenggarakan sejak tanggal 12 hingga 14 Agustus 2016 bertempat  di Aula Lantai II Masjid AR Fachrudin, Kampus III UMM.

Temu alumni ini dihadiri perwakilan alumni dari tahun 1980hingga 1990. dan jug pengurus TS-UMM periode 2015-2016. Selain menggelar silaturahim, temu alumni juga membentuk jaringan alumni TS-UMM yang tersebar di seluruh Indonesia. ”Jaringan alumni ini sangat penting. Sejak berdiri, TS-UMM sudah mencetak ribuan kader. Mereka tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia,” kata Ketua Jaringan Alumni TS-UMM terpilih, Jam ’Iyatul Khoir.

Menurut Khoir, jaringan alumni baru terbentuk pengurus inti. Ke depan, pengurus inti ini akan membuat jaringan alumni di daerah masing-masing. Program utama jaringan alumni ini adalah menjalin silaturahim .”Kita tidak ingin alumni-alumni kita begitu lulus dari UMM tidak terkoordinasi dengan baik. Padahal mereka merupakan aset untuk mengembangkan perguruan Tapak Suci dan UMM tentunya,” tuturnya.

Total ada 40 orang alumni yang menghadiri temu alumni setelah 16 tahun berpisah. Selain melepas kangen, temu alumni juga menggelar latihan bersama. ”Momen alumni ini sangat jarang terjadi. Ini merupakan sejarah bagi alumni TS-UMM,” kata Ketua Pimda Tapak Suci Kota Malang Kusmadiyono.

Pelatih TS-UMM Bintal Yudhana menyarankan agar pimpinan daerah Tapak Suci juga memperhatikan siswa-siswa Tapak Suci yang berada di perguruan tinggi. Sebab alumni Tapak Suci dari perguruan tinggi ini akan kembali ke kampung halamannya setelah lulus kuliah. ”Merekalah yang akan mengembangkan Tapak Suci. Kalau perlu dibuatkan asrama di Kota Malang, agar mereka juga terbantu selama berada di kota Malang,” tuturnya.

Mantan Pembina TS-UMMMurjito menilai pendidikan yang ditanamkan di Tapak Suci membentuk karakter pantang menyerah. Hal ini baru dirasakan setelah  lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja. Adapun jaringan alumni ini akan menjadi jalan bagi adik-adik yang akan lulus kuliah. ”Silahkan memanfaatkan jaringan alumni untuk mencari kerja maupun menjalin silaturahi," tutupnya. (Adam)

Kontributor:  Jam Iyatul Khoir

 

Shared:
Shared:
1