Inilah Lima Nilai AIK yang Akan Memajukan PTM dan PTA

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 11 Agustus 2016 08:22 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL- Prof Tobroni, Dosen tetap Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan juga Anggota Majelis Dikti PP  Muhammadiyah mengungkapkan bahwa, Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK)  begitu penting bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) maupun Perguruan Tinggi Aisyiyah (PTA).

 “AIK merupakan cikal bakal adanya perguruan tinggi Muhammadiyah.  Jika dirunut, PTM itu ada karena AIK. AIK ada karena ada persyarikatan Muhammadiyah, persyarikatan Muhammadiyah ada karena jasa KH Ahmad Dahlan,” kata Tobroni di dalam forum pertemuan Wakil Rektor dan Lembaga AIK PTM/PTA yang merupakan serangkaian acara Festival Al-Quran pada Rabu (10/8) bertempat di ruang sidang AR Fachruddin A UMY.

Terkait pembelajaran AIK di Muhammadiyah, Tobroni menganalogikan seperti  mekanisme pelatuk. Majunya AIK, maka PTM akan maju. Jika tak terurus, ruh jihadnya akan tidak berkembang. Jika PTM konflik, pasti AIKnya tidak tersentuh dengan baik.

“Tujuan AIK secara umum sebagai state of mind, menjadi Islam yang benar, menjadi muslim yang baik (berkemajuan dan philantropis), penggerak agama dalam masyarakat, dan menjadi pemimpin,” ungkap Tabroni.

Tobroni menyebutkan, ada lima nilai AIK, yang apabila  ada pada diri seseorang, dan dikembangkan oleh PTM dan PTA, maka PTM dan PTA itu akan maju, yakni yang pertama adalah nilai Islam,  lalu nilai ilmu, jika ingin sukses dan bahagia, untuk itu harus  mengembangkan ilmu, kemudian nilai iman, mampu melahirkan orang yang berkepercayaan, punya kepasrahan, dan ketaatan pada aturan.

“Keempat, nilai Ihsan, membentuk  pribadi yg berbuat baik, dan nilai islah, personal yang mampu  melakukan inovasi,” tutup Tabroni. (adam)

Kontributor: Muhammad Fathi Djunaedy

 

 

Shared:
Shared:
1