Al-Quran Terbesar dan Terkecil Meriahkan Festival Al-Qur’an di UMY

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 09 Agustus 2016 13:30 WIB

MUHAMMADIYAH OR.ID, BANTUL – Berbagai stand pameran turut memeriahkan Festival Al-Qur’an yang diselenggarkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Festival Al-Quran tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus hingga 11 Agustus 2016 di Sportorium UMY.

Pada Selasa (9/8) telah dilakukan pembukaan stand pameran oleh Bambang Cipto, Rektor UMY. “Dalam pameran ini terdapat 18 stand yang datang dari berbagai daerah. Salah satunya datang dari Museum Istiqlal yang menyajikan Penyalinan Mushaf Al-Qur’an dari masa ke mas,” ungkap Istho Faina Astuti, Ketua Divisi Pameran Festival Al-Quran.

( Baca Muhadjir Effendy: Saya Yakin Banyak Warga Muhammadiyah di Belakang Saya )

Yang lebih menarik lagi dalam acara pameran tersebut yaitu dihadirkannya Al-Qur’an terbesar dan terkecil. “Al-Qur’an terbesar didatangkan dari Masjid Agung Semarang Jawa Tengah, dengan ukuran 145cmX95cm, penulisan Al-Quran tersebut menghabiskan waktu selama 2 tahun 3 bulan, ditulis oleh Hayat dari Universitas Sain Al-Quran,” jelas Istho.

“ Sedangkan untuk Al-Qur’an terkecil diambil dari pemilik pribadi, yang kebetulan juga panita dalam acara Festival Al-Qur’an ini,” tambah Istho.

( Baca Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Optimis Bangun Muhammadiyah Tower )

Kembali dijelaskan Istho, pada awalnya konsep acara ini adalah pameran seni dan budaya Islam yang memunculkan seluruh kebudayaan Islam dari berbagai negara. “Namun dalam perizinannya kami memerlukan waktu yang lebih lama. Sehingga kami mengatur ulang konsep acara ini,” tutup Istho.

 

Reporter : Adam/Syifa

Shared:
Shared:
1