KKN UMM 44 Perintis Donor Darah Widorokandang-Magetan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 09 Agustus 2016 09:21 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAGETAN -- Donor darah atau penyumbang darah adalah proses pengambilan darah dari  seseorang yang secara ikhlas diberikan untuk disimpan sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Kegiatan donor darah ini merupakan  kegiatan yang sangat mulia, apalagi jika ada seseorang yang memberikan darahnya dengan antusias dan suka cita.

Begitu juga yang dialami oleh warga Desa Widorokandang, Kec. Siderejo, Kabupaten Magetan. Kegiatan donor darah tersebut diadakan oleh anggota Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 44 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serta dibantu oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) di Magetan pada Ahad, 7 Agustus 2016. Kegiatan  tersebut dimulai pukul 08.00 – 11.30 WIB yang bertempat di Balai Desa Widorokandang Kec Sidorejo.

( Baca : Resmi Dilantik, DPP IMM Periode 2016-2018 Siap Bekerja )

Muhammad Tholhah ‘Azam, Koordinator Desa Anggota KKN Kelompok 44 mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan Program Kerja dari Divisi Kesehatan. “Karena dari hasil survey kami (KKN 44) sebelumnya, bahwa warga Desa Widorokandang, belum pernah mendonorkan darahnya, dikarenakan tidak ada kegiatan tersebut di desa itu,” ujarnya

Berdasarkan keterangan Azam kepada muhammadiyah.or.id, jumlah calon pendonor ± 45 orang. “Akan tetapi hanya setengahnya saja yang bisa mendonorkan darahnya, kareana adanya syarat-syarat yang harus dipenuhi seorang pendonor dan jika tidak memenuhi syarat tersebut maka mereka tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya,” jelas Azam.

( Baca : Haedar Nashir: Kita Harus Jadi Bangsa yang Damai, Toleran, Moderat )

“Dengan diadakannya kegiatan donor darah ini, warga Desa Widorokandang bisa meneruskan kegiatan donor darah rutin setiap 3 bulan sekali, tentunya dengan dukungan para perangkat desa dan donor darah juga dapat menyehatkan diri si pendonor” ujar ‘Azam yang juga ketua komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakutas Kedokteran UMM.

 

Kontributor : Azam

Redaktur : Monaatalina

Shared:
Shared:
1