Membangun Kecintaan Mahasiswa Terhadap Al-Qur'an, UMY Gelar Festival Al-Qur'an

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 08 Agustus 2016 13:12 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL- Saat ini pemahaman masyarakat muslim, khususnya kalangan mahasiswa terhadap Al-Qur'an sangatlah rendah. Padahal jika dipahami lebih dalam, isi kandungan Al-Qur'an memiliki makna dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Salah satu solusi yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yaitu dengan menyelenggarakan Festival Al-Qur'an tingkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Perguruan Tinggi Aisyiyah (PTA) se- Indonesia. Festival Al-Qur'an tersebut akan berlangsung pada tanggal 9 Agustus hingga 11 Agustus 2016 bertempat di Kampus Terpadu UMY.

"Festival ini tumbuh dari kebutuhan kami dalam hal meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap Al-Qur'an," ungkap Bambang Cipto, Rektor UMY pada Senin (8/8) dalam acara Jumpa Pers terkait dengan penyelenggaraan Festival Al-Qur'an 2016.

Sementara itu Lincolin Arsyad, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Dikti Litbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengungkapkan. "Permasalahan rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap Al-Qur'an tidak hanya terjadi di PTM dan PTA saja, melainkan juga di PTN maupun PTS lainnya," ungkapnya.

Senada dengan Bambang, Lincolin juga mengatakan, melalui Festival Al-Qur'an ini diharapkan akan membangun rasa cinta mahasiswa terhadap Al-Qur'an. "Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi Oase bagi mahasiswa, khususnya dalam hal meningkatkan produktifitas, konstruktif, dan inovatif mahasiswa," katanya.

Kegiatan Festival Al-Qur'an yang akan diselenggarakan meliputi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Seminar Al-Qur'an, Pertemuan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan seluruh PTM & PTA se-Indonesia, Pertemuan Wakil Rektor dan atau Lembaga bidang Kemahasiswaan dan AIK, Pertemuan Badan Pembina Harian (BPH) PTM & PTA, Talkshow yang akan mengangkat isu-isu terkini tentang Islam baik dari sisi budaya, seni, maupun perilaku, serta Pameran dan Bazar "Seni dan Budaya Islam".

Adapun cabang lomba MTQ yang akan digelar pada FestivalAl-Qur'an ini terdiri dari 10 cabang lomba, seperti Tilawah al-Qur'an (Putra/Putri), Tartil al-Qur'an (Putra/Putri), Hifzhil Qur'an 1 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Qur'an 5 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Qur'an 10 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Qur'an 15 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Qur'an 30 Juz (Putra/Putri), Kaligrafi al-Qur'an (Putra/Putri), Fahmil Qur'an, dan Syarhil Qur'an.

Sedangkan untuk acara Seminar al-Qur'an yang bertemakan "Reaktualisasi Al-Qur'an untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Sains", akan membahas tiga materi pokok utama, yakni Metodologi Tafsir Al-Qur'an untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan, Al-Qur'an untuk Pengembangan Keilmuan Sains, dan Al-Qur'an untuk Pengembangan Keilmuan Sosial. (adam)

 




--

Regards,
_______________________________________________________
Redaksi Website Muhammadiyah
Lantai 3 Gedung PP Muhammadiyah
Jalan Cik Ditiro 23 Yogyakarta 55262
Tlp. (0274) 553132, 553134
Instagram: @lensamu
Twitter: @muhammadiyah
Facebook: Persyarikatan Muhammadiyah
Telegram Channel: MuhammadiyahID
Shared:
Shared:
1