Budayakan Gerakan Menulis, IPM Magelang Gelar Pelatihan Jurnalistik

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 01 Agustus 2016 22:39 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID,  MAGELANG - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Magelang mengadakan Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan berlangsung selama tiga hari Jum’at-Ahad (29-31/01), di kampus II Universitas Muhammadiyah Magelang.Tema yang diangkat pada pelatihan jurnalistik kali ini yaitu “Mengkulturisasikan Kembali Budaya Jurnalistik di Kalangan Pelajar Kabupaten Magelang”.

Muhammad Nasyirudin, Sekretaris Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Peserta kegiatan ini nanti kedepanya menjadi jurnalis muda muhammadiyah dan mempunyai target menulis masuk ke media Muhammadiyah serta koran umum,” ungkap Nasyirudin dalam sambutannya.

( Baca : Talkshow Studentpreunership Dorong Kemandiriaan Pelajar Muhammadiyah

Pelatihan ini diikuti oleh siswa-siswi SMP, SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Magelang dan beberapa SMA Negeri. Pelatihan ini sudah di rumuskan sejak rapat kerja daerah (rakerda) di Muntilan. Dalam artian, pelatihan jurnalistik ini akan membawa pelajar ke dunia tulis-menulis, membaca dan dakwah melalui media.

Taufiq Muhajirin, Ketua PD IPM Kab. Magelang menyatakan, dakwah bukan lewat lisan saja tapi bisa melalui tulisan, karena budaya menulis sangat berpengaruh didunia.“Pelajar Muhammadiyah saat ini jauh dari budaya membaca dan menulis, karenanya diharapkan pelatihan jurnalistik ini dapat melahirkan jurnalis yang bisa meredam masalah hilangnya budaya membaca dan menulis,” tutur Taufiq.

“Target Pelatihan Jurnalistik ini mengarah untuk menjadi citizen journalism (aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa yang bukan berprofesi sebagai wartawan)dan penulis berita umum.” ujar Achmad Rizal Latif, ketua bidang pengkajian ilmu pengetahuan.

 

Kontributor : A. Rizal

Redaktur : Monaatalina

Shared:
Shared:
1