Bulan Februari

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 28 Februari 2011 11:30 WIB

Poso - Berakhirnya musyawarah wilayah (Musywil) Pimpinan Wilayah (PW) 'Aisyiyah Sulawesi Tengah pada Ahad (20/2) di Kabupaten Poso menandai selesainya semua Musywil seluruh PW 'Aisyiyah periode 2010-2015 di seluruh tanah air yang dimulai 'Aisyiyah Jawa Timur sejak September 2010.

Bendahara Umum PP 'Aisyiyah, Mahsunah Syakir, berharap, selesainya Musywil 'Aisyiyah secara nasional diikuti oleh pelaksanaan program konsolidasi secara konsekuen. Pasalnya bagi 'Aisyiyah, jelang satu abad  usianya ini merupakan momen yang penting untuk membawa gerakan perempuan Muhammadiyah itu menjadi gerakan yang maju, modern dan profesional.

Tak Semua Wilayah Gunakan Sistem Formatur

Sementara itu, berdasarkan laporan Musywil, tidak semua wilayah 'Aisyiyah menggunakan sistem formatur dalam memilih para pimpinan 'Aisyiyah Wilayah untuk periode lima tahun mendatang. 'Aisyiyah Sulawesi Tengah dan DKI Jakarta, misalnya, menggunakan sistem langsung dalam memilih para pimpinan.

Menurut Ketua PP 'Aisyiyah, Dra. Shoimah Kastolani, 'Aisyiyah memang  memiliki dua sistem pemilihan: sistem formatur dan sistem langsung. Kelebihan sistem formatur, jelas Shoimah, dapat meminimalisir ketidaktepatan pada penempatan pimpinan 'Aisyiyah dalam amanah-amanah yang diembankan. Asumsinya, para formatur lebih memahami potensi dari para pimpinan terpilih.  

Adapun kelebihan dalam sistem langsung, semua peserta Musywil dapat menggunakan hak pilihnya secara langsung tanpa melewati formatur, dengan catatan, calon pimpinan dengan suara terbanyak tidak secara otomatis menjadi ketua. (aisyiyah.or.id)

Shared:
Shared:
1