Pendidikan Merupakan Jawaban dari Tantangan Kehidupan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 18 Juli 2016 16:43 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA - "Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam hal pembentukan karakter, serta kerangka berpikir positif bagi anak-anak dalam menghadapi tantangan kehidupan yg akan datang," ungkap Ahmad Syauqi Soeratno selaku Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP Muhammadiyah ketika dihubungi redaksi website muhammadiyah.or.id pada Selasa (18/7).

Terdapat dua learning environment bagi seorang anak yang sangat menentukan efektifitas dan pola pembentukan karakter tersebut. "Learning environment dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan sekolah," ungkap Syauqi.

"Interaksi antara orangtua dan guru merupakan kunci yang penting dalam memastikan bahwa anak berada pada lingkungan pembelajaran yang terpadu," ujar Syauqi.

Kembali ditambahkan Syauqi, dengan adanya gerakan mengantar anak ke sekolah di hari pertama tahun ajaran baru tersebut merupakan hal yang positif untuk dilakukan oleh orang tua. "Dalam konteks itulah kesediaan orangtua untuk hadir di sekolah sangat diperlukan terutama pada hari-hari pertama masuk sekolah," tambahnya.

Sementara itu, Nilawati selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengungkapkan. Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta menginisiasi program kelas inspirasi, dimana dalam program tersebut pihak sekolah memberikan ruang kepada orang tua wali murid untuk mengisi kegiatan, seperti sharing pengalaman di dalam kelas.

"Tujuannya adalah semakin mengeratkan tali silaturahim antara pihak sekolah dengan wali murid," ungkapnya.

Di hari pertama tahun ajaran baru yang berlangsung pada Senin (18/7) SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta turut mengundang para orangtua wali murid untuk mengikuti ramah tamah dan mempererat silaturahim bagi para orang tua dan muridnya. (mona)

 

Reporter : Adam Qodar

Shared:
Shared:
1