RS PKU Muhammadiyah Tegal Sukses Operasi Caesar Bayi Kembar Tiga

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 17 Juli 2016 11:22 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TEGAL- Ronabahagia sekaligus lega terlihat pada wajah Muhammad Faozan (29). Bagaimana tidak, sang istri Maghfirotun Nisa (23) baru saja melahirkan tiga bayi kembar yang semuanya dalam kondisi sehat di RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal.

Warga Desa Tegalandong, Kecamatan Lebaksiu tersebut, sebelumnya sempat khawatir tiga bayinya lahir dalam keadaan dempet atau kembar siam. Tiga bayi kembar tersebut dilahirkan oleh Nisa melalui operasi caesar pada Selasa (12/7) sekitar pukul 09.30. Tiga bayi tersebut berkelamin dua perempuan dan satu laki-laki.

“Rasanya lega dan bahagia. Sebelumnya sempat khawatir kalau kondisi bayi dempet atau menempel satu dengan yang lainnya,” tutur Faozan.

Faozan yang bekerja sebagai karyawan swasta tersebut menjelaskan, dia dan istri sudah mengetahui bahwa bayi dalam kandungan Nisa kembar tiga sejak usia kehamilan dua bulan. Namun saat itu, oleh dokter spesialis, dinilai kondisi itu belum pasti karena usia kehamilan masih cukup muda.

“Pada usia kehamilan kurang lebih tujuh bulan, istri di-USG empat dimensi. Di situ kembali terlihat ada tiga bayi dalam kandungannya,” kata Faozan.

 Sementara itu, M Mosjab selaku dokter RS PKU Muhammadiyah Tegal yang menangani persalinan Nisa menjelaskan, berat bayi tersebut rata-rata sekitar 1,5 kilogram. Secara umum, kondisi bayi sehat meski saat ini masih berada di inkubator dan dibantu pernafasannya.

“Bayi kembar tiga biasanya karena faktor keturunan dan penyubur kehamilan. Bayi lahir dalam kondisi sehat dan menangis keras saat dilahirkan. Bayi dilahirkan dalam usia kehamilan 36 minggu. Sang ibu ada potensi tekanan darah tinggi sehingga bayi harus segera dilahirkan,” ungkap Mosjab.

Sementara itu, Ahmad Sochibul Birri salah satu dokter RS PKU Muhammadiyah Tegal mengemukakan, persalinan bayi kembar tiga ini merupakan yang kedua ditangani oleh tim medisnya. Menurutnya, pihak rumah sakit telah menyiapkan berbagai peralatan untuk menunjang penanganan persalinan semacam itu. (adam)

Kontributor : (Hendra /MF/MPI KAB TEGAL)

 

Shared:
Shared:
1